Cegah Penyebaran Sel Kanker, Manfaat Pare Tidak Sepahit Rasanya

Pare (Momordica Charantia). (Piqsels)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 24 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Sariagri.id - Pare (Momordica Charantia) kerap dihindari karena pahitnya tetapi juga dicari karena manfaatnya, salah satunya menghambat penyebaran sel kanker jenis tertentu. Pare merupakan sumber energi, protein, karbohidrat dan serat.

Di balik rasa pahitnya, pere kaya akan nutrisi antara lain vitamin A dan C, folat, niasin, tiamin, kalium, kalsium zat dan besi. Dengan kandungan nutrisi itu, pare bermanfaat menurunkan demam, menyembuhkan sariawan serta menurunkan kadar asam urat yang tinggi.

Di India dan Cina, pare kerap digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi penyakit diabetes. Saat ini salah satu potensi manfaat pare yang masih terus diteliti adalah kemampuannya untuk menghambat penyebaran sel kanker jenis tertentu tanpa merusak sel tubuh.

Penelitian profesor patologi bersama timnya dari Universitas Saint Louis, Ratna Ray menunjukkan ekstrak pare bisa memodulasi sinyal yang menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, kanker leher, kanker kepala serta kanker mulut dan lidah. Hal ini terungkap dalam penelitian dengan menggunakan tikus sebagai objeknya serta melalui pengamatan pada sel kanker yang ‘ditumbuhkan’ pada cawan di laboratorium.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Sel Kanker, Manfaat Pare Tidak Sepahit Rasanya
Mengenal Empat Jenis Daun Bawang dan Kegunaannya

Sementara itu profesor dari Skaggs School of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, Rajesh Agarwal mengungkapkan hasil penelitian tentang efek sari pare terhadap sel kanker pankreas yang diberikan pada tikus dan juga ‘ditumbuhkan’ di cawan di dalam laboratorium. Hasilnya ditemukan fakta terjadi 60 persen penurunan kemampuan sel kanker untuk berkembang di kedua macam objek penelitian itu.

Sari pare bisa mencegah sel mencerna glukosa dan kemudian menyebabkan sel kanker kelaparan. Cara ini dinilai berhasil karena umumnya sel kanker bergantung pada glukosa sebagai sumber energi.

Video terkait: