Kenali 6 Manfaat Jeruk Limau untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bantu Turunkan Badan

Ilustrasi jeruk limau (istimewa)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Selasa, 26 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Sariagri - Jeruk limau merupakan salah satu buah citrus yang sering digunakan sebagai penambah rasa dalam makanan. Umumnya buah satu ini digunakan dalam masakan Meksiko, Vietnam, dan Thailand.

Dengan kadungan vitamin C yang berlimpah, satu limau sudah memenuhi 32 persen kebutuhan vitamin c per hari. Kandungan vitamin C serta ragam zat gizi lainnya dalam jeruk limau membuat buah satu ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Berikut 6 khasiat jeruk limau untuk kesehatan tubuh, dikutip dari healthline.

1. Bantu Turunkan Berat Badan

Jeruk Limau rupanya memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan. Kandungan asam sitratnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lebih banyak kalori, dan menyimpan lebih sedikit lemak.

Kendati demikian, jangan berharap limau dapat berperan seperti obat ajaib yang secara langsung menurunkan berat badan. Sebab, manfaat limau satu ini tak akan berarti jika tidak diimbangi dengan olahraga teratur dan menjaga pola makan.

Oleh karenanya, kamu harus aktif bergerak setiap hari dan mengontrol porsi makan dengan konsisten merupakan dua hal penting untuk mengontrol serta menurunkan berat badan.

2. Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Jeruk Limau dan buah citrus lainnya memiliki vitamin C dan antioksidan lainnya dapat membantu sistem imun manusia melawan kuman yang menyebabkan pilek atau flu.

Selain itu, vitamin C dalam limau juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan lebih banyak sel sehat yang dapat membunuh mikroba dan melindungi tubuh terhadap penyakit.

3. Cegah Kanker

Kanker bisa terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal yang tak terkendali dan dapat berkembang di berbagai bagian tubuh termasuk payudara dan ginjal. Dengan rutin mengonsumsi air limau, maka kamu dapat mengurangi risiko terkena kanker dan membantu melawan penyakit ini.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam limau juga dapat meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda dalam melawan sel kanker.

4. Jaga Kesehatan Jantung

Kandungan mineral, magnesium dan kalium pada jeruk limau sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Kalium secara alami dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah, yang mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

kandungan vitamin C dalam limau juga sering dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, meskipun nutrisi lain yang umum dalam buah dan sayuran, seperti kandungan serat, juga dianggap berperan.

Pada sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan dalam jurnal Atherosclerosis ARYA membuktikan perasan limau dan kulitnya mengurangi lapisan lemak yang ditemukan pada arteri koroner yang menjadi indikator penumpukan plak dan penyakit kardiovaskular.

5. Melancarkan Pencernaan

Limau memiliki kandungan flavonoid yang membantu meningkatkan produksi enzim yang diperlukan untuk mengurai makanan dalam tubuh.

Sifat asam yang dimiliki limau juga meningkatkan sekresi air liur untuk memecah makanan agar dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan. Manfaat ini tentu baik untuk orang-orang yang sering mengalami penyakit konstipasi (sembelit).

Meski demikian, hindari penggunaan limau secara terus-menerus. Sebab, bisa membuat perut menjadi mulas berlebihan.

Selain itu, jika kau memiliki penyakit GERD, maka minumlah segelas air hangat yang sudah dicampur 2 sendok teh perasan limau dan madu 30 menit sebelum makan. Hal ini akan membantu mencegah kambuhnya maag.

6. Meremajakan Kulit

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Jeruk Limau untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bantu Turunkan Badan
Ini Alasan Kenapa Kulit Jeruk Luar Biasa Bisa Jadi Obat Kanker Hingga Kolesterol

Limau memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid yang membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti melawan radikal bebas dan mengurangi bekas kerutan di wajah. Selain itu vitamin C juga membantu memproduksi kolagen supaya kulit lembut dan kenyal.

Meski bermanfaat untuk kulit, hindari penggunaan limau secara sembarangan. Jeruk limau tidak boleh dioleskan langsung ke kulit karena dapat menyebabkan iritasi, terutama pada kulit yang sensitif.

Video Terkait