8 Khasiat Lengkuas yang Jarang Diketahui, Nomor 3 Bikin Takjub

Ilustrasi lengkuas (Freepik)

Editor: Dera - Rabu, 27 Oktober 2021 | 11:45 WIB

Sariagri - Lengkuas atau nama lainnya laos adalah salah satu bumbu masakan yang wajib ada di dapur. Ia merupakan akar dari tanaman Alpinia officinarum yang berasal dari Asia Selatan. Masih satu kerabat, khasiat lengkuas dan jahe sebenarnya tidak jauh berbeda.

Kulit lengkuas memiliki tekstur yang kasar, beruas dan juga berserat. Meski begitu, khasiat lengkuas sangat berperan penting dalam menambah cita rasa alami pada masakan dan memiliki kandungan gizi yang bisa mengobati bermacam penyakit.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut khasiat lengkuas yang wajib diketahui.

1. Mengobati diare

Rempah-rempah seperti jahe, lengkuas dan kunyit sudah dijadikan sebagai obat herbal alami dalam pengobatan Ayurveda dan budaya Asia lainnya. Mereka mempercayai rempah ini memiliki zat yang bersifat antimikroba atau antibakteri. Bahkan penelitian pada 2018 mengatakan bahwa, ekstraknya mampu menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli yang menjadi bakteri penyebab diare.

2. Mencegah infeksi

Selain mengatasi diare, antimikroba di dalamnya juga dapat mematikan bakteri lain seperti Salmonella typhidan Staphylococcus aureus. Kedua jenis bakteri ini biasanya sering muncul pada makanan laut yang masih mentah.

3. Mencegah risiko kanker

Tanaman herbal satu ini juga disebut sebagai sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Beberapa di antaranya yaitu beta-sitosterol, galangin, emodin, guercetin dan polifenol yang bersifat antikanker.

Senyawa ini mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas serta mencegah terkena risiko tumor dan kanker. Bahkan ada sejumlah penelitian yang mengungkapkan, bahwa galangin yaitu zat aktif pada lengkuas ampuh dalam mematikan sel kanker usus besar dan melawan sel kanker kulit, hati, saluran empedu, hingga payudara.

4. Meredakan peradangan dan nyeri

Kandungan zat fitokimia (senyawa kimia alami dalam tanaman) di dalamnya berguna bagi kesehatan tubuh. Zat ini mampu meredakan peradangan seperti radang tenggorokan. Tak hanya itu, tanaman berjenis rimpang ini juga mengandung zat galangal. Zat ini ternyata berkhasiat untuk meredakan nyeri pada radang sendi.

5. Meringankan gejala asma

Biasanya, gejala asma akan timbul dikarenakan adanya peradangan atau pembengkakan pada saluran pernapasan. Beberapa penelitian mengatakan tanaman ini bisa meringankan gejala tersebut. Hal ini berkat zat antispasmodik di dalamnya yang mampu melebarkan saluran bronkus pada paru-paru. Dengan begitu, dahak yang ada disaluran napas akan dikurangi sehingga melegakan pernapasan.

6. Meredakan batuk

Sifat ekspektoran pada lengkuas berfungsi sebagai pengencer sekaligus mengeluarkan dahak. Sehingga perpaduan ekpektoran dan antiradangnya ini berperan penting untuk meredakan sakit batuk. Manfaat lengkuas ini bahkan sudah dilakukan masyarakat India sejak berabad-abad, sebagai obat kuno. Ketika ada yang sakit batuk, mereka menggunakan bumbu alami ini untuk meredakan nyeri dada, batuk berdagak dan sakit tenggorokan.

Baca Juga: 8 Khasiat Lengkuas yang Jarang Diketahui, Nomor 3 Bikin Takjub
Tak Banyak yang Tahu, Ini Kehebatan Daun Keladi Tikus bagi Kesehatan

7. Mengobati luka bakar

Tidak hanya mengobati batuk, tetapi kandungan antiradang pada lengkuas juga mampu mengobati luka bakar ringan secara alami. Caranya pun sangat mudah, cukup iris atau tumbuh lengkuas lalu oleskan pada luka bakar. Namun harus hati-hati jika mengalami alergi, sebaiknya hentikan dan segera bawa ke dokter agar cepat ditangani.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Siapa sangka, bumbu dapur ini ternyata juga mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C, alpin, dan galangin di dalamnya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah virus dan bakteri yang masuk, sehingga terhindar dari berbagai penyakit.