Luar Biasa, Seledri Ternyata Bisa Tingkatkan Gairah Seksual hingga Ringankan Gejala Menopause

Ilustrasi tanaman seledri. (pixabay)

Editor: Dera - Sabtu, 30 Oktober 2021 | 20:00 WIB

Sariagri - Selain digunakan sebagai bumbu penyedap makanan, seledri ternyata menyimpan berbagai khasiat menakjubkan bagi kesehatan.

Berasal dari Mediterania dan Afrika Utara, tanaman ini telah banyak dibudidayakan di banyak negara. Selain Indonesia, tanaman ini juga populer dalam masakan Amerika, Irlandia hingga Jepang dan Australia.

Database Pusat Makanan USDA menyebut, batang seledri berukuran sedang ( 40 gram) mengandung 5,6 kalori dan 1,2 gram karbohidrat. Sehingga bagus untuk hidrasi karena mengandung 38,2 gram air. Tanaman ini juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, seng, kalium, Vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B lainnya yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.


Berikut sederet khasiat menakjubkan dari seledri yang tak banyak orang tahu.



Mengatasi Anti-Peradangan

Melansir Good Health All, sesuai studi 2019, sitokin di dalam daunnya memberikan manfaat anti-inflamasi dan bertindak sebagai molekul pembawa pesan sistem kekebalan. Senyawa inflamasi bioaktif seperti apigenin, luteolin, dan kaempferol dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh kondisi inflamasi seperti arthritis, rematik, rheumatoid, asam urat, asma, dan asma bronkial.

Perlindungan terhadap Kanker

Kandungan Vitamin C, vitamin A, dan senyawa antioksidanya melindungi sel-sel dari  radikal bebas. Sehingga mengurangi risiko kanker usus besar, kanker payudara, kanker pankreas, kanker perut dan kanker usus.

Sifat anti-karsinogenik apigenin di dalamnya menghancurkan sel kanker dan mempromosikan autophagy, sebuah proses di mana tubuh menghilangkan sel-sel disfungsional yang membantu mencegah penyakit.

Sifat anti-kanker luteolin menghambat proses proliferasi sel. Polyacetylenes bioaktif di dalamnya adalah senyawa kemoprotektif dan mencegah pembentukan berbagai kanker.


Membantu Mengobati Vitiligo

Vitiligo adalah suatu kondisi yang menyebabkan perubahan warna kulit dan pembentukan bercak putih karena kurangnya pigmen di area kulit tertentu. Penelitian di Polandia menunjukan, furanocoumarin membantu mengobati vitiligo. 

Teks ayurveda kuno seperti Atharva Veda juga menyebutkan tanaman ini bagus untuk pengobatan vitiligo. Namun, penelitian lebih ilmiah diperlukan dalam hal ini.

Mencegah Kehilangan Memori

Senyawa bioaktif seperti Luteolin dan Apigenin dapat mengurangi risiko kehilangan memori. Sesuai penelitian yang dilakukan di Universitas Jinan (Cina), Luteolin (flavonoid dalam seledri) menenangkan peradangan otak dan dapat membantu dalam pengobatan gangguan neuroinflamasi.

Si hijau ajaib ini juga bisa mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer dan lainnya. t.

Senyawa antioksidan ini melindungi sel-sel otak atau neuron dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko berbagai penyakit neurodegeneratif. Nutrisi lain seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi dan vitamin B di dalamnya juga meningkatkan kesehatan saraf. Baca Juga: Luar Biasa, Seledri Ternyata Bisa Tingkatkan Gairah Seksual hingga Ringankan Gejala Menopause
Rahasia Menakjubkan dari Lemon Balm, Bisa Redakan Stres Hingga Atasi Insomnia



Meningkatkan Kesehatan Seksual

Kandungan androstenon dan androstenol-hormon pria dalam seledri dipercaya dapat merangsang gairah seksual pada wanita. Mereka meningkatkan gairah dengan memancarkan aroma yang membuat pria lebih diinginkan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus jantan, ekstrak seledri memberikan banyak manfaat seksual seperti peningkatan kinerja seksual, peningkatan jumlah sperma, dan peningkatan kadar testosteron. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memverifikasi efek ini pada manusia.

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Tanaman ini bagus untuk jantung dan bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Antioksidan dan senyawa yang relevan seperti flavonoid dapat melindungi sistem kardiovaskular dari kerusakan akibat radikal bebas.

Agen anti-hipertensi seperti phthalides dan potasium di dalamnya dapat mengendurkan pembuluh darah dan memberikan bantuan dari hipertensi, penyebab utama masalah kardiovaskular.

Meringankan Gejala Menopause

Fitoestrogen dalam seledri menyeimbangkan kadar hormon dan meredakan gejala menopause.

 

Video Terkait