Bikin Takjub, Ini 5 Manfaat Biji Rami yang Jarang Diketahui

Ilustrasi biji rami. (foter)

Editor: Dera - Selasa, 2 November 2021 | 14:00 WIB

Sariagri - Sebagian orang mungkin banyak yang belum tahu bahwa biji rami bisa dikonsumsi. Padahal, manfaat biji rami sangat baik untuk kesehatan. 

Bahkan di beberapa negara Asia, biji rami juga kerap dijadikan sebagai salah satu metode kesehatan. Adapun salah satu negara yang menerapkannya yaitu India. 

Diketahui, tanaman ini mengandung sumber protein, kaya antioksidan, serta menjadi sumber asam alfa-linolenat (ALA) dan lignan. 

Berikut sederet manfaat biji rami bagi kesehatan.

1. Bernutrisi Tinggi

Secara umum tanaman rami adalah penghasil serat berkualitas yang ramah lingkungan. Selain itu, tanaman ini juga menghasilkan biji rami yang bernutrisi. Biji rami memilki citarasa yang enak seperti rasa kacang namun lebih ringan.

Biji rami juga mengandung asam gamma-linoleat dan sumber protein yang bagus, karena lebih dari 25% dari total kalorinya berasal dari protein berkualitas tinggi. Kandungan protein biji rami bahkan lebih tinggi dari chia seeds yang hanya mengandung 16-18 % protein.

Biji rami dapat dikonsumsi mentah maupun dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang. Minyak biji rami juga sangat sehat dan telah digunakan sebagai makanan dan obat-obatan di Cina sejak 3.000 tahun lalu.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Biji rami mengandung asam amino arginin dalam jumlah tinggi, yang menghasilkan oksida nitrat dalam tubuh. Nitric oxide adalah molekul gas yang membuat pembuluh darah melebar dan rileks, sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Mengatasi Gangguan Kulit

Manfaat biji rami adalah sumber asam lemak tak jenuh ganda dan esensial yang baik. Memberikan minyak biji rami kepada penderita eksim dapat meningkatkan kadar asam lemak esensial dalam darah. Minyak biji rami juga dapat mengatasi kulit kering, gatal-gatal, dan masalah kulit lainnya.

4. Sumber Protein

Sekitar 25% kalori dalam biji rami berasal dari kandungan protein yang tinggi. Berdasarkan beratnya, biji rami mengandung jumlah protein yang sama seperti daging sapi dan domba. Dalam 30 gram biji rami, yaitu sekitar 2-3 sendok makan, mengandung 11 gram protein.

Baca Juga: Bikin Takjub, Ini 5 Manfaat Biji Rami yang Jarang Diketahui
Kuaci, Camilan Sehat yang Bisa Cegah Diabetes dan Kolesterol

Biji rami mengandung sejumlah besar asam amino metionin dan sistein, serta tingkat arginin dan asam glutamat yang sangat tinggi. Protein biji rami sangat mudah dicerna dan lebih baik daripada protein dari biji-bijian lain seperti kacang-kacangan dan polong-polongan.

Biji rami juga dianggap sebagai sumber protein lengkap, yang mengandung semua asam amino esensial.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Biji rami utuh merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang baik, dengan kadar masing-masing mengandung 20% ​​dan 80%. Serat larut membentuk zat seperti gel di usus sebagai sumber nutrisi untuk bakteri pencernaan yang bermanfaat dan juga dapat mengurangi lonjakan gula darah serta mengatur kadar kolesterol. 

Video Terkait 

 

Video Terkait