Makan Pepaya Muda, Ini Khasiat Menakjubkan yang Bisa Kamu Dapatkan

Ilustrasi pepaya muda. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 3 November 2021 | 18:20 WIB

Sariagri - Pepaya matang memang memiliki banyak manfaat kesehatan, tapi tahukah Sobat Agri, jika kamu makan pepaya muda juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa loh. Buah yang satu ini kaya akan vitamin A, C, E, B, enzim dan fitonutrien.

Makan pepaya muda bisa menjadi sumber magnesium dan potasium yang baik bagi tubuh. 

Dilansir dari Orissa Post, berikut sederet manfaat dari makan pepaya muda:

Menurunkan Berat Badan

Pepaya muda atau mentah mengandung lebih banyak enzim aktif daripada pepaya matang. Dua enzim terkuatnya adalah papain dan chymopapain. Kedua enzim ini membantu memecah lemak, protein dan karbohidrat dari makanan. Faktanya, enzim papain terbukti lebih efektif dalam memecah lemak daripada pepsin.

Mengatasi Diabetes

Jika kamu adalah penderita diabetes, maka buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa jus pepaya mentah membantu mengurangi kadar glukosa darah.

Menyehatkan Pencernaan

Chymopapain, papain bersama dengan enzim dan fitonutrien lainnya membantu meningkatkan pencernaan. Campuran kuat ini sangat bagus untuk membantu membuang racun dari dalam tubuh.

Baca Juga: Makan Pepaya Muda, Ini Khasiat Menakjubkan yang Bisa Kamu Dapatkan
Meski Rasanya Pahit, Daun Pepaya Miliki Segudang Manfaat Lho

Mengatasi Sembelit

Karena tinggi serat, buah ini sangat baik untuk menyembuhkan sembelit. Enzim yang ada di dalamnya, terutama lateks, membantu membersihkan perut. Kandungan seratnya juga menyerap air dan membantu melunakkan feses.

Menyembuhkan luka

Pepaya mentah mempercepat proses penyembuhan luka. Menjadi tinggi enzim protease, buah ini membantu dalam penyembuhan luka lebih cepat. Buah ini juga mengandung nutrisi penting seperti magnesium, potasium, vitamin A, C, E dan B yang membantu meringankan kondisi kulit tertentu dan meredakan peradangan. 

Video Terkait