Panen Perdana Cabai di Luar Angkasa, Astronot ISS Gelar Pesta Taco

Astronot merayakan panen perdana cabai di luar angkasa dengan menggelar pesta taco. (NASA)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 4 November 2021 | 08:00 WIB

Sariagri - Menanam cabai paprika di bumi adalah hal biasa tetapi menanamnya di luar angkasa menjadi luar biasa. Astronot Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) berhasil membuktikannya. Mereka mengadakan pesta taco untuk merayakan panen perdana cabai paprika yang ditanam di luar angkasa.

Eksperimen menanam tanaman di stasiun luar angkasa dimulai pada Juli 2021. Cabai paprika adalah bagian dari eksperimen NASA yang disebut Plant Habitat-04. Tujuannya untuk menentukan tanaman  apa yang bisa ditanam di luar angkasa.

Sebelumnya pada Juni 2021, empat puluh delapan benih diluncurkan dalam sebuah kapal induk pada penerbangan pasokan ke stasiun ruang angkasa untuk memulai proyek. Meski sebelumnya telah berhasil dengan selada, lobak, dan zinnia berbunga, meraka mengakui menumbuhkan paprika yang paling sulit. Alasannya paprika membutuhkan waktu lebih lama untuk tumbuh, berkecambah dan menghasilkan buah dibanding sayuran lainnya.

Setelah menunggu empat bulan, akhirnya para astronot bisa menikmati hasil kerja mereka sebelum mengumpulkan data tentang paprika merah dan hijau yang dipanen. Astronot NASA Megan McArthur membagikan foto melalui akun twitternya. Dia memberi menuliskan bahwa seluruh kru mencicipi paprika dalam masakan taco dipadukan dengan daging sapi fajita, tomat rehidrasi, dan artichoke.

Dikutip interestingengineering.com, eksperimen cabai menjadi bagian dari upaya lebih besar untuk meningkatkan jumlah tanaman yang dapat ditanam astronot di luar angkasa. Eksperimen ini juga bagian dari upaya penyediaan pangan bagi pada astronot di bulan, dan terutama untuk tujuan yang lebih jauh seperti Mars.

Dengan eksperimen ini, NASA dapat membantu membangun kemungkinan sumber makanan untuk misi jangka panjang dan memahami lebih banyak interaksi mikroba tanaman di luar angkasa.

Baca Juga: Panen Perdana Cabai di Luar Angkasa, Astronot ISS Gelar Pesta Taco
Kisah Sukses Petani Cabai Wujudkan Mimpi Beli Motor Harley



Mengapa paprika? Menurut rilis NASA, tanaman ini dipilih karena mengandung nutrisi penting, kaya akan vitamin C, dan memberikan keragaman yang lezat untuk menu kru. Selain itu, makanan pedas atau berbumbu bisa membangkitkan kembali indera perasa dan penciuman yang hilang saat hidup dalam gravitasi nol

Tanaman cabai akan terus tumbuh di ISS, dan astronot SpaceX Crew-3 yang dijadwalkan terbang bulan ini dari Kennedy Space Center NASA di Florida akan melakukan panen kedua saat mereka tiba. Beberapa paprika hasil panen di luar angkasa akan dikembalikan ke bumi untuk penelitian.

Video terkait:

 

Video Terkait