Mengenal Black Sapote yang Mirip Puding, Digemari Raja Inggris

Ilustrasi black sapote. (Foto: Pixabay)

Editor: M Kautsar - Kamis, 4 November 2021 | 12:10 WIB

Sariagri - Black sapote (Diospyros nigra) menjadi salah satu buah dengan penampilan unik. Dari tampak luar, buah ini mirip kesemek dan sawo. Tapi, daging di dalamnya menyerupai puding berwarna hitam.

Black sapote dikenal sejak lama sebagai makanan kegemaran Raja Inggris George I. Dia menggemari buah ini sejak perayaan Natal pertamanya pada 1714.

Dilaporkan Cape Gazzzete, buah ini dikenal sebagai buah puding cokelat. Buah tropis ini dapat tumbuh meski hanya ditanam di pote berukuran 10 inci.

Black sapote berada dalam keluarga tanaman yang sama dengan kesemek. Dan seperti kesemek, buah mentahnya asam. Untuk mendapat rasa manis buah ini perlu dibiarkan terlebih dahulu, mengubah warna dagingnya dari hijau menjadi hitam.

Setelah buah matang, potong menjadi dua dan ambil daging buahnya yang berwarna cokelat tua yang rasanya benar-benar seperti puding cokelat. Black sapote tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh. Jadi, jika Sobat Agri menanam pohon dari buah ini carilah jendela yang menghadap ke selatan atau barat, atau letakkan di bawah lampu tumbuh.

Mengenal cara tumbuh black sapote

Berikan pupuk organik yang baik sebulan sekali ketika tanaman aktif tumbuh dari musim semi hingga akhir musim panas. Buah matang di pohon dari Juli sampai Desember. Untuk menjaga pohon dari buah ini tetap pendek, pastikan untuk memotong bagian atas pohon tepat setelah buah mulai terbentuk.

Meskipun kamu dapat menanam pohon buah ini dari biji, tanaman yang dihasilkan tidak akan menjadi kenyataan, dan pohon yang ditanam dengan biji seringkali membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berbuah. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar tanaman yang tersedia secara komersial perlu dicangkokkan.

Selain memakan buahnya yang masih segar, Sobat Agri juga bisa memasaknya menjadi kue, pie, bahkan es krim buatan sendiri. Kamu dapat membekukan buah dan kemudian menyajikannya sebagian dicairkan; cara itu akan memiliki konsistensi gelato atau es krim.

Buah ini cukup bergizi, tinggi serat dan kaya antioksidan, serta sumber tembaga, besi, dan potasium yang baik. Buahnya juga mengandung vitamin, seperti vitamin C dalam jumlah besar dengan dua kali asam askorbat jeruk. Buah ini juga sumber folat, niasin, dan asam pantotenat yang baik. Buah sawo bahkan digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit radang.

Kandungan vitamin C pada buah ini tidak kalah tinggi dari kebanyakan buah sitrus. Jadi tidak heran kalau mengkonsumsi buah ini dapat memperkuat sistem imun tubuh.

Vitamin C yang dikandung buah ini bertindak sebagai antioksidan. Buah ini akan mencegah berbagai macam penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung, yang biasanya disebabkan oleh radikal bebas.

Black sapote menyehatkan sistem pencernaan

Bagi Sobat Agri yang sering mengalami sembelit, cobalah konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti black sapote. Kandungan serat yang dimiliki buah ini dipercaya dapat menyehatkan sistem pencernaan sehingga sembelit bisa dicegah.

Tak hanya untuk mengatasi sembelit, buah ini juga menjadi sumber vitamin A yang cukup tinggi, tepatnya 410 IU dalam 100 gramnya. Selain itu, vitamin A yang dikandung buah ini juga memiliki peran vital dalam meningkatkan pertumbuhan sel dan membangun sistem kekebalan tubuh.

Selain vitamin, terdapat juga kandungan karotenoid dan katekin yang dapat menginduksi pelepasan lemak, serta membantu organ hati mengubah lemak menjadi energi. Buah ini juga rendah lemak dan rendah kalori. Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya mencobanya sebagai camilan.

Video Terkait