Wajib Coba! Ini 5 Buah yang Bantu Turunkan Kolesterol Jahat

Ilustrasi alpukat. (Freepik)

Editor: Dera - Jumat, 5 November 2021 | 18:20 WIB

Sariagri - Kolesterol merupakan zat lilin yang berjalan melalui aliran darah sebagai bagian dari dua lipoprotein yang berbeda, ada low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

Banyak yang menyebut LDL sebagai kolesterol jahat karena menyebabkan lemak menumpuk pada aliran darah. Sebaliknya HDL disebut sebagai kolesterol baik karena membantu menghilangkan kolesterol dari tubuh melalui hati. Ketika kolesterol HDL tinggi dapat mengurangi risiko masalah jantung dan stroke.

Seseorang bisa dikatakan tinggi kolesterol jika pemeriksaan darah menunjukan angka di atas 240mg/dL. Adapun dampak berbahaya dari kolesterol jahat yaitu bisa menyumbat pembuluh darah, stroke hingga serangan jantung. 

Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati dalam menjalankan gaya hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan.

Melansir MedicalNewsToday, berikut lima buah yang membantu turunkan kolesterol jahat.

1. Apel

Studi yang dilakukan pada 2019 menemukan bahwa di antara 40 peserta dengan tinggi kolesterol, mengonsumsi dua buah apel setiap hari bisa mengurangi kadar kolesterol dan LDL. Buah ini juga mampu turunkan kadar trigliserida yaitu sejenis lemak dalam darah.

Dalam satu buah apel mengandung 3 sampai 7 gram dari diet serat, tergantung dari ukuran apel tersebut. Selain itu, apel juga mengandung senyawa polifenol yang memiliki dampak positif pada kadar kolesterol.

2. Alpukat

Buah yang satu ini terkenal kaya akan nutrisi yang mampu menyehatkan jantung. Pada studi yang dilakukan pada 2015 lalu menyimpulkan bahwa mengonsumsi satu buah alpukat dalam sehari berfungsi sebagai bagian dari lemak moderat.

Dengan pola makanan sehat yang rendah koleserol dan lemak moderat dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskualar. Efek yang dihasilkan dengan menurunkan kolesterol LDL, tanpa menurunkan kolesterol HDL.

Pada satu cangkir sekitar 150 gram alpukat mengandung lemak tak jenis tunggal yang dapat mengurangi bahkan menurunkan kadar kolesterol LDL. Dimana baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung hingga stroke.

3. Pisang

Buah pisang disebut mampu bantu turunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal itu bisa terjadi karena kandungan zat inulin pada pisang membantu kurangi kolesterol. Buah kuning ini kaya akan vitamin juga antioksidan yang baik untuk menurunkan kolesterol LDLt.

Baca Juga: Wajib Coba! Ini 5 Buah yang Bantu Turunkan Kolesterol Jahat
Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Kulit Apel Untuk Kesehatan Tubuh



Kandungan zat pektin dan serat dalam pisang mampu melancarkan kolesterol LDL dalam darah. Buah ini mampu melancarkan aliran darah dari kolesterol yang menyumbat darah dan arteri.

4. Tomat

Mungkin ada yang bingung, tomat ini masuk dalam kategori buah atau sayur ya? Jawabannya tomat termasuk ke dalam buah. Karena tomat terbentuk dari bunga dan mengandung biji. Buah tomat salah satu buah yang bisa menurunkan kadar kolesterol.

Nutrisi yang terkandung dalam buah tomat seperti vitamin A, B, K dan juga baik untuk kesehatan mata, kulit dan juga jantung. Baik untuk jantung sehingga buah ini tak hanya digunakan untuk menurunkan kolesterol tetapi juga membantu turunkan tekanan darah dan risiko stroke.

5. Berry

Buah berry seperti rapsberry, stroberi dan anggur termasuk buah yang kaya serat larut. Dimana serat larut ini dibutuhkan tubuh untuk menyingkirkan kolesterol tubuh.

Selain serat larut buah berry juga mengandung pektin yang mampu menurunkan kolesterol hingga 10 persen. Kandungan komponen bioaktifnya membantu menjaga penyakit jantung dan penyakit kronis karena memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Video Terkait