Inilah 5 Manfaat Labu Madu (Butternut Squash) bagi Kesehatan

Labu Madu (Butternut squash) di kawasan pertanian Mujahidtani, Pancawati, Caringin, Bogor. (Foto: Sariagri/Rezaharya)

Penulis: Yoyok, Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 11 November 2021 | 17:15 WIB

Sariagri - Labu Madu di luar negeri dinamai pumpkin butternut dengan nama latin Curcubuta moschata. Buah asal Belanda ini juga disebut juga butternut squash. Labu Madu ternyata mempunyai banyak manfat bagi kesehatan.

Menurut Koordinator Mujahidtani Kelapatiga, Ambu Dianawati Panegara, budi daya Labu Madu termasuk mudah, karena hanya memakan waktu tiga bulan sudah bisa dipanen. “Bahkan, kalau penanamannya dengan model tumpang sari, yaitu didampingi tanaman cabai atau sayuran, penghasilanya bisa bertambah,” ujarnya saat dijumpai di Desa Pancawati, Caringin, Bogor, pekan lalu.

Ambu Dianawati mengungkapkan, berdasarkan sejumlah literasi maupun keterangan para ahli, Labu Madu bermanfaat untuk kesehatan. “Setidaknya ada lima manfaat Labu Madu untuk kesehatan,” katanya.

Pertama, Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang terkandung dalam Labu Madu berfungsi untuk mencukupi dalam kebutuhan Vitamin A dalam tubuh manusia, dan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Kedua, Melancarkan Proses Pencernaan

Jika mengkonsumsi Labu Madu, buah atau sayur-sayuran secara rutin dan teratur dapat memperlancar proses pencernaan yang terhambat. Selain itu, mempermudah proses kerja usus dalam mencerna. Labu Madu juga sangat baik untuk yang sedang menjalankan program diet. Kandungan serat Labu Madu sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Labu Madu (Butternut Squash) bagi Kesehatan
Ikut Panen Perdana Labu Madu, Menteri Era Orde Baru Ingatkan Petani untuk Selalu Berdoa



Ketiga, Bermanfaat sebagai Antioksidan
Selain Antioksidan, labu madu juga mengandung Vitamin C yang dapat mencukupi kebutuhan Vitamin C dalam tubuh sehingga dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyerang kesehatan tubuh manusia.

Keempat, Mengobati Gejala Anemia
Kandungan zat besi yang terkandung pada Labu Madu bermanfaat untuk mengobati penyakit atau gejala anemia dan dapat membantu dalam metabolisme tubuh. Labu Madu juga sangat baik membantu perkembangan otak, otot, dan daya tahan tubuh lebih baik.

Kelima, Pendamping ASI Bagi Bayi
Labu Madu mengandung folat yang sangat baik untuk bayi. Manfaat folat untuk bayi ini yaitu sebagai metabolisme asam amino, pembentukan leukosit, dan eritrosit.

Video Terkait