Yuk, Belajar Pertanian Perkotaan di Perpustakaan Umum Choa Chu Kang Singapura

Suasana di Perpustakaan Choa Chu Kang Singapura. (Foto: Istimewa)

Editor: M Kautsar - Kamis, 11 November 2021 | 18:00 WIB

Sariagri - Pembelajaran tentang pertanian perkotaan yang kini digalakkan bisa dilakukan dengan berbagai cara agar mudah diakses oleh masyarakat luas. Singapura, salah satu negara yang kini getol membangun pertanian perkotaan, merombak ruang perpustakaan umumnya untuk menampilkan ruangan-ruangan khusus bagi pembelajaran tentang pertanian perkotaan dan teknik budidaya tanaman kepada masyarakat.

Pengunjung Perpustakaan Umum Choa Chu Kang yang dibuka kembali pada 28 Oktober, akan disuguhi pengalaman yang lebih besar dan lebih hijau. Sekarang perpustakaan memiliki dua lantai, dan akan menampilkan taman dalam ruangan dan ruang hidroponik, yang akan menjadi tempat penyelenggaraan lokakarya tentang pertanian perkotaan dan ketahanan pangan, demikian dikutip dari hortidaily.com.

Sebuah sudut aksi iklim akan memberikan informasi untuk mendidik masyarakat tentang perubahan iklim dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi jejak karbon seseorang.

Ruang hidroponik dan sudut aksi iklim adalah bagian dari Green Grove, yang dibangun dengan dana 500.000 dolar Singapura oleh CapitaLand Hope Foundation, untuk membantu menumbuhkan kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat melalui lokakarya mendatang tentang pertanian perkotaan dan ketahanan pangan.

Keberlanjutan adalah tema kunci dalam perombakan perpustakaan, kata asisten kepala eksekutif NLB Catherine Lau. "Area yang lebih besar dan rak yang lebih rendah memungkinkan perpustakaan menjadi lebih terang dari cahaya alami yang masuk," ujarnya.



"Banyak perlengkapan baru, seperti ubin dan karpet, sebagian terbuat dari bahan daur ulang, jadi kami mencoba memastikan bahwa perpustakaan itu sendiri memimpin dengan memberi contoh dalam memperjuangkan keberlanjutan," tambahnya.Baca Juga: Yuk, Belajar Pertanian Perkotaan di Perpustakaan Umum Choa Chu Kang Singapura
Kebun Raya Cibodas Siap Menyambut Mekarnya Bunga Bangkai



Salah satu kegitan yang akan rutin diselenggarakan adalah Pasar Hijau, yang bertujuan untuk menawarkan keluarga berbagai diskusi, lokakarya, dan pameran untuk memperkenalkan mereka pada prinsip-prinsip hidup berkelanjutan, dan menghubungkan mereka dengan organisasi dan inisiatif hijau.

Pasar Hijau yang akan berlangsung dari 12 hingga 14 November ini, merupakan upaya kolaborasi antara National Library Board (NLB) dan Asia Sustainability Forum (ASF).

Video Terkait