Lima Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Geragih

Ilustrasi - Tanaman kentang.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 11 November 2021 | 20:00 WIB

Sariagri - Geragih atau stolon merupakan batang tanaman yang tumbuh menjalar secara horizontal di atas atau tepat di bawah permukaan tanah. Dalam bahasa inggris disebut dengan “runners”. Stolon akan membentuk akar adventif dan tanaman baru. 

Tumbuhan yang memiliki stolon disebut dengan “stolonifera”. Stolon menjadi salah satu cara perbanyakan vegetatif sebuah tanaman yaitu proses regenerasi tumbuhan tanpa proses perkawinan antar sel gamet. Tanaman baru yang terbentuk dengan perbanyakan akan mempunyai genetik tunggal tidak seperti tanaman yang terbentuk dari hasil perbanyakan generatif dari biji dan persilangan antar sel (perkawinan) Stolon muncul dari pangkal tanaman yang kemudian akan membentuk umbi, rimpang atau tunas daun.

Berikut beberapa tanaman yang berkembang biak dengan geragih:

Stroberi

Sebagian besar varietas stroberi menghasilkan geragih untuk membentuk klon tanaman baru. Ketika stolon mulai memunculkan akar dan tunas daun stroberi baru biasanya bisa dipotong dan ditanam menjadi individu baru. Perbanyakan tanaman stroberi melalui stolon lebih cepat dibandingkan perbanyakan tanaman menggunakan biji.

Kentang

Kentang merupakan umbi batang yang berkembang biak dengan geragih. Stolon pada kentang mulai tumbuh setelah 10 hari tanaman muncul di atas tanah. Stolon pada tanaman kentang akan dimodifikasi menjadi tempat cadangan makanan. Umbi kentang biasanya mulai terbentuk di ujung stolon.

Rumput teki 

Selain perbanyakan melalui biji, rumput teki yang dikenal sebagai gulma bisa memperbanyak diri secara vegetatif melalui modifikasi batang dan stolon yang membentuk umbi. Stolon pada rumput teki bisa menembus hingga kedalaman 30 sentimeter, karena itu sering dianggap sebagai gulma yang sulit dikendalikan dalam pengolahan tanah.

Baca Juga: Lima Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Geragih
Ini Dia Bunga Pukul Empat, Bunga Unik yang Hanya Mekar Pada Waktunya

Pegagan

Tanaman yang sering digunakan sebagai obat herbal ini bisa diperbanyak melalui biji maupun geragih. Stolon pada pegagan akan memunculkan tunas anakan baru dan akar. Jika ingin perbanyakan pegagan secara generatif (melalui biji) maka biji pegagan harus berasal dari tanaman pegagan yang sudah memiliki stolon dengan minimal dua calon tunas.

Eceng Gondok

Meski tanaman ini hidup di lahan berair, eceng gondok juga memiliki stolon sebagai strategi untuk perbanyakan (klon) secara vegetatif. Batang eceng gondok menjalar di permukaan atau di bawah permukaan air yang menjadi stolon. Kemudian stolon akan bermodifikasi menjadi umbi, akar dan tunas tanaman baru.

Video terkait:

 

Video Terkait