Ini 5 Manfaat Sereh untuk Kesehatan Tubuh, Cocok Dikonsumsi sebagai Obat Herbal

Ilustrasi sereh. (Freepik)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 15 November 2021 | 15:50 WIB

Sariagri - Sereh atau dalam bahasa latin disebut Andropogon nardus merupakan salah satu rempah-rempah jenis rumput-rumputan yang biasanya digunakan sebagai bumbu pelengkap makanan. Selain itu, kandungan yang terdapat pada daun sereh ternyata juga sangat bermanfaat bagi tubuh sehingga bisa dijadikan obat herbal.

Sereh mengandung senyawa anti inflamasi seperti klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa kandungan ramuan sereh dapat membantu melawan radikal bebas sehingga bagus untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Oleh karenanya, sereh bisa dimanfaatkan sebagai minuman herbal.

Ini 5 manfaat sereh untuk kesehatan tubuh, dikutip dari medical news today.

1. Aroma Sereh Mengurangi Kecemasan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan mencium aroma sereh maka membantu tubuh mengurangi kecemasan. Teh daun sereh mungkin menawarkan sifat pengurang kecemasan lebih lanjut. Kendati sebagian orang telah menghirup sereh untuk menghilangkan stress, para peneliti masih memerlukan penelitian lebih dalam akan khasiat satu ini.

2. Turunkan Kadar Kolesterol

Dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research dikatakan bahwa mengonsumsi ekstrak sereh ternyata baik menurunkan kadar kolesterol. Penelitian itu mengungkapkan reaksi yang timbul tergantung pada dosis yang dikonsumsi. Hal ini menandakan bahwa manfaat sereh dalam menurunkan kolesterol lebih optimal jika dalam jumlah lebih besar.

3. Cegah Infeksi

Sebuah penelitian dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center menunjukan sereh dapat mencegah adanya infeksi. Salah satu contohnya adalah ramuan daun sereh baik untuk mengurangi sariawan serta infeksi jamur yang biasanya menyerang orang dengan imunitas lemah.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Sereh untuk Kesehatan Tubuh, Cocok Dikonsumsi sebagai Obat Herbal
Mujarab! 4 Tanaman 'Dokter' Ini Ampuh Usir Penyakit

4. Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Pada sebagian besar negara, batang sereh banyak dimanfaatkan utnuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut dengan cara dikunyah. Pasalnya, ekstrak herbal sereh adalah salah satu penghambat pertumbuhan bakteri paling kuat, seperti Streptococcus sanguinis, bakteri penyebab gigi berlubang di mulut.

5. Meningkatkan Pembentukan Sel Darah Merah

Sebuah penelitian di 2015 menunjukan bahwa minum infus sereh selama 30 hari dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin, volume sel, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Para peneliti berpendapat bahwa sereh yang dijadikan minuman bisa meningkatkan pembentukan sel darah merah.