Ingin Rumput di Rumah Lebih Hijau? Coba Deh Cara Berikut Ini

Ilustrasi rumah dengan rumput hijau. (bobvila.com)

Editor: Dera - Senin, 15 November 2021 | 22:30 WIB

Sariagri - Bukan hanya kebun, rumput di halaman rumah juga membutuhkan perawatan. Selain memotong rumput secara berkala, seperti halnya tanaman lain rumput juga butuh pemupukan yang baik agar sehat dan terlihat lebih hijau.

Saat ini, pupuk untuk rumput di halaman rumah mungkin sudah banyak dijual di pasaran. Namun tahukah Sobat Agri, pupuk untuk rumput juga dapat dibuat di rumah dengan berbagai bahan yang sederhana. Mau tahu caranya?

Berikut langkah-langkah mudah untuk membuat pupuk agar rumput di rumah lebih hijau dan sehat:

Tahapan pembuatan

Langkah 1

Sebelum memulai, persiapkan tiga bahan utama untuk pembuatan pupuk, yang meliputi:

  • 1 kaleng atau sebotol bir. Bir memberikan nutrisi tidak hanya ke rumput itu sendiri, tetapi juga ke bakteri di tanah yang baik bagi pertumbuhan rumput.
  • 1 cangkir amonia rumah tangga. Amonia memasok infus nitrogen yang kuat dan sangat bermanfaat bagi semua tanaman.
  • 1 cangkir sampo bayi (varietas nonantibakteri). Sampo membuat tanah lebih menyerap. Karena bakteri tanah sangat penting untuk kesehatan rumput, sampo nonantibakteri adalah suatu keharusan.

Langkah 2

Campur semua bahan. Tuang bahan ke dalam wadah yang cukup besar untuk menampungnya. Karena amonia, lakukan ini di luar ruangan atau di ruangan dengan ventilasi yang cukup. Selanjutnya, tambahkan campuran ke penyemprot ujung selang dengan reservoir built-in untuk pupuk cair.

Baca Juga: Ingin Rumput di Rumah Lebih Hijau? Coba Deh Cara Berikut Ini
Jangan Langsung dibuang! Begini Cara Mengolah Kulit Pisang untuk Bantu Suburkan Tanaman

Langkah 3

Oleskan pupuk secara tipis dan merata di seluruh halaman. Mulailah menyemprotkan pupuk buatan sendiri, berhati-hatilah agar mulut penyemprot tidak terlalu lama berada di satu tempat. Mengingat tingkat potensinya yang tinggi, pupuk harus diterapkan secara merata di seluruh bagian rumput.

Langkah 4

Jika dibutuhkan, terapkan kembali setiap dua minggu atau hasil yang diinginkan sudah terlihat pada rumput.

Namun ingat. Seperti dilansir Bob Vila, hati-hati terhadap pemupukan terlalu banyak atau terlalu sering, karena kelebihan dapat menghambat daripada mendorong pertumbuhan rumput. Sementara itu, perhatikan baik-baik pH tanah. Idealnya berada pada kisaran pH 6,0 hingga 6,5.

Video Terkait