A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/opt/alt/php80/var/lib/php/session/ci_session74hse8s3hm4lnqj0rrt49aqoh35h66mj): Failed to open stream: Permission denied

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 176

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 13
Function: __construct

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /opt/alt/php80/var/lib/php/session)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 143

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 13
Function: __construct

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

Baru Tahu, Sederet Jenis Jahe Ini Ternyata Punya Khasiat Berbeda bagi Tubuh

Baru Tahu, Sederet Jenis Jahe Ini Ternyata Punya Khasiat Berbeda bagi Tubuh

Ilustrasi jahe (Foto: Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 16 November 2021 | 16:30 WIB

Sariagri - Jahe memiliki tiga jenis yang bisa dimanfaatkan sebagai olahan masakan dan juga obat-obatan. Penggunaan beragam jenis jahe memang tidak bisa dipisahkan dari olahan masakan. Salah satu fungsinya adalah untuk menghilangkan bau amis dan penyedap.

Rasa sedikit pedas pada jahe menjadi ciri khasnya. Jahe yang diolah sebagai minuman pun memiliki aroma yang khas ketika dihirup dan hangat ketika diminum. Ketika musim hujan, minuman jahe menjadi yang paling banyak dicari oleh masyarakat.

Berdasarkan ukuran, bentuk dan warna rimpangnya terdapat tiga jenis jahe, di antaranya: 

1. Jahe gajah

Jahe gajah dikenal juga dengan nama jahe putih atau kuning besar. Selain itu jahe ini juga dikenal dengan sebutan jahe badak. Masa konsumsi jahe ini biasanya dilakukan ketika berusia muda sehingga aromanya belum terlalu pedas. Namun jahe ini juga bisa dikonsumsi dalam usia tua.

Biasanya jenis jahe ini diolah untuk bumbu masak dan obat herbal. Manfaat dari jahe gajah seperti menjaga daya tahan tubuh, kesehatan kulit, mencegah mual dan meredakan nyeri otot.

2. Jahe emprit

Jahe emprit atau sunti juga dikenal dengan nama jahe putih atau kuning kecil. Sesuai namanya, jahe ini berukuran kecil. Biasanya akan dipanen ketika usianya sudah tua.

Kandungan minyak atsirinya lebih besar dibandingkan jahe gajah. Maka itu rasa jahe ini lebih pedas. Jahe emprit juga cocok diramu untuk obat-obatan atau diekstrak.

Manfaat jahe ini memiliki senyawa anti-kanker. Selain itu dimanfaatkan sebagai antiseptik, ekspektoran, spasmolitik dan pemberi aroma pada makanan, mengurangi nyeri otot, menjaga daya tahan tubuh serta bagus untuk kesehatan kardiovaskular.

3. Jahe merah

Sesuai namanya, jahe merah berwarna merah serta berukuran lebih kecil dari jahe emprit. Jahe ini selalu dipanen ketika usia tua. Kandungan minyak atsiri dalam jahe merah juga berguna sebagai obat-obatan.

Baca Juga: Baru Tahu, Sederet Jenis Jahe Ini Ternyata Punya Khasiat Berbeda bagi Tubuh
Mudah Ditemukan di Dapur, Ini 5 Bahan Alami yang Bisa Obati Migrain

Manfaat jahe merah yaitu menjaga daya tahan tubuh, memelihara kesehatan pencernaan, mengurangi nyeri sendi serta memperbaiki gairah seksual.

Jahe merah rimpangnya berwarna merah dan lebih kecil dari pada jahe putih kecil sama seperti jahe kecil, jahe merah selalu dipanen setelah tua dan juga memiliki kandungan minyak atsiri yang sama dengan jahe kecil, sehingga cocok untuk ramuan obat-obatan.