Warga Pondok Kopi Dihebohkan dengan Munculnya Bunga Bangkai

Bunga bangkai atau Amorphophallus Titanum di Majalengka (Sariagri / Nur Rohman)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 18 November 2021 | 15:00 WIB

Sariagri - Warga Pondok Kopi dihebohkan dengan munculnya bunga bangkai. Diketahui, tanaman itu tumbuh di wilayah RW 09, Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Terlihat bunga bangkai itu berwarna merah dengan tinggi sekitar 50 sentimeter. Selain itu, terdapat sebuah batang hijau yang menempel dengan bunga tersebut.

Warga setempat, mengaku bunga bangkai kerap mengeluarkan bau tak sedap di sore hingga malam hari. Bau yang tercium seperti aroma bangkai binatang.

"Ada lalat-lalat mulai berdatangan (menempel ke bunga). Saya dengar nanti lalat lalat itu matinya di dalam bunga ini," kata Ketua RW 09 Bambang.

Ia mengisahkan dulu bunga bangkai itu ditanam oleh salah satu warga setempat beberapa tahun yang lalu. Awalnya hanya tumbuh batang hijau yang disebut tanaman suweg. Namun, tiga hari terakhir ini tumbuh bunga bangkai tersebut menempel dengan pohon suweg tersebut.

Baca Juga: Warga Pondok Kopi Dihebohkan dengan Munculnya Bunga Bangkai
Peneliti Temukan Spesies Bunga Langka di Trengganu, Malaysia

"Baru muncul (bunga bangkai) tiga hari yang lalu ini. Jadi, apakah ada kaitannya pohon ini dengan ini (bunga bangkai), kami belum tahu," jelas Bambang.

"Dengan kondisi begini, kami membersihkan lingkungan yang ada di sini dan memagari biar jangan ada orang iseng yang merusak. Kami jaga kelestariannya," tukasnya.

Video Terkait