Keren! Ini Kisah Pria Asal Pasuruan Sukses Budidaya Paprika, Sekali Panen Bisa 300 Kg

Iwan, petani paprika asal Pasuruan (Youtube/Tanilink TV)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 21 November 2021 | 12:00 WIB

Sariagri - Seorang petani paprika asal Wonosari, Pasuruan bernama Iwan sukses membudidayakan paprika di lahan greenhouse seluas 850 meter persegi. Ia membudidayakan paprika menggunakan sistem drip untuk menekan efektivitas pengairan.

Iwan menjelaskan mulai dari awal tanam diperlukan waktu 90 hari untuk panen buah paprika yang berwarna hijau. Sedangkan untuk panen paprika merah membutuhkan waktu hingga 120 hari. Tak main-main, dalam sekali panen Iwan bisa memperoleh paprika sebanyak 300 kg.

"Siklus panennya saya seminggu dua kali. Setiap panen bisa mendapatkan sekitar 3 kuintal. Kalo harga paprika hijau per kilo sekarang Rp16 ribu sedangkan paprika merah seharga Rp35 ribu," kata Iwan, dikutip dari Youtube Tanilink TV.

Dalam budidaya paprika, Iwan menggunakan arang sekam sebagai media tanam dan AB mix untuk pupuk. Sementara untuk penyiraman ia menggunakan sistem drip irrigation. Diakuinya dalam sehari bisa melakukan penyiraman hingga 5 kali ketika kondisi kemarau.

Sedangkan untuk hama, lanjut Iwan, salah satu hama yang merugikan bagi budidaya paprika adalah thrips. Pasalnya, hama satu ini bisa menggagalkan hasil panen.

Baca Juga: Keren! Ini Kisah Pria Asal Pasuruan Sukses Budidaya Paprika, Sekali Panen Bisa 300 Kg
Awalnya Ditantang Dosen Berbisnis, Pria Ini Raup Omzet Puluhan Juta dari Bertani Paprika

"Kalau kena thrips itu kan tunas-tunas yang muda bisa menggulung, itu yang susah kita kendalikan dan hasil panen merosot. Kalau sudah menggulung otomatis kan tunas gabisa naik lagi, jadi kita harus monitoring hama setiap pagi," ujarnya.

Bicara soal pemasaran, Iwan menjual hasil panen melalui pengepul untuk dikirimkan keluar kota. "Saya jual lewat pengepul, tapi pengepul sendiri dikirim ke luar pulau Jawa ya. Jadi saya gak langsung kirim, lebih konsentrasi ke budidaya," pungkasnya.

Video Terkait