Bunga Edelweis, Tanaman yang Memiliki Arti dan Lambang Sejati

Ilustrasi bunga Edelweis. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 22 November 2021 | 16:50 WIB

Sariagri - Bunga Edelweis yang memiliki nama latin leontopodium nivale adalah bunga gunung yang masuk dalam famili daisy atau bunga matahari Asteraceae. Tanaman ini lebih menyukai tempat batu kapur berbatu di ketinggian sekitar 1.800–3.000 meter di atas pemukaan laut.

Jadi, jangan heran kalau bunga edelweis lebih banyak tumbuh di gunung.  Jenis bunga ini memliki banyak manfaat untuk kesehatan dan sudah sering dijadikan bahan baku pengobatan tradisional untuk mengatasi penyakit perut dan pernapasan.

Ciri fisik bunga edelweis terbilang cukup unik, mereka memiliki daun dan bunganya ditutupi dengan rambut lebat, yang tampaknya melindungi tanaman dari dingin, gersang, dan radiasi ultraviolet. Tak jarang banyak orang menilai bunga ini tak lekang oleh waktu.

Sayangnya, bunga ini tidak boleh dipetik oleh sembarang orang. Di beberapa negara, termasuk Indonesia terdapat peraturan yang melarang pendaki memetik bunga ini. Jika dilanggar, akan ada sanksi yang cukup berat. 

Kenapa tidak boleh memetik bunga edelweis?

Di Indonesia, keberadaan bunga edelweis telah dilindungi oleh  Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Pasal 33 Ayat 1 dan 2 tentang Konservasi Sumber Hayati Ekosistem. Undang-undang tersebut mengatur tentang perlindungan hewan dan tumbuhan yang ada di wilayah konservasi agar tidak boleh diambil dari habitatnya.

Hal ini juga mencegah terjadinya pembalakan liar terhadap fauna dan flora seperti bunga edelweis oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Mengapa bunga Edelweis disebut bunga abadi?

Edelweis dikenal dengan nama bunga abadi. Di dalam bunga edelweiss terkandung hormon etilen yang berfungsi agar bunganya tidak gugur. Hal inilah yang membuat edelweis dijuluki bunga abadi, yang umurnya diperkirakan bisa mencapai lebih dari 100 tahun.

Bunga Edelweis melambangkan cinta dan pengabdian. (Pixabay)
Bunga Edelweis melambangkan cinta dan pengabdian. (Pixabay)


Bunga Edelweis melambangkan apa?

Bunga Edelweiss merupakan bentuk cinta dan pengabdian. Selain itu, Edelweiss memiliki arti ketenaran. Namun, berdasarkan asal usul katanya, tanaman Leontopodium aplinum diartikan sebagai bunga gunung Jerman dan dilambangkan oleh gunung.

Baca Juga: Bunga Edelweis, Tanaman yang Memiliki Arti dan Lambang Sejati
Warga Pondok Kopi Dihebohkan dengan Munculnya Bunga Bangkai


Cara tumbuh kembang bunga edelweis

Cara tumbuh kembang bunga edelweis tidaklah mudah. Karena perlu waktu cukup lama dari mulai masa pembibitan hingga panen. Waktu yang diperlukan sekitar dua tahun, sementara pemanenan hanya satu kali dalam setahun. 

Selain itu dari 1.000 benih Edelweis yang ditanam, kira-kira hanya sekitar 300 benih saja yang berhasil tumbuh. Hal inilah yang membuat bunga edelweis perlu dilestarikan agar habitatnya tidak lekang oleh waktu di Indonesia. 


Video Terkait