Bunga Rosella Miliki Beragam Manfaat, Begini Cara Mengonsumsi dan Mendapatkannya

Bunga Rosella (Max Pixel)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 23 November 2021 | 17:20 WIB

Sariagri - Bunga Rosella merupakan salah satu jenis kembang sepatu yang banyak tumbuh di Benua Afrika. Kemudian pada abad ke-16 dan awal abad ke-17 tanaman dengan nama latin Hibiscus sabdariffa itu menyebar ke Hindia Barat dan Asia termasuk Indonesia.

Di China, hampir semua bagian dari tanaman dimanfaatkan untuk makanan, minuman dan juga kerajinan tangan. Selain itu, bunga rosella juga sering diolah menjadi sajian teh yang dianggap menyehatkan tubuh. 

Rosella adalah tanaman semusim dengan 1 kali masa produktifnya. Tanaman ini dapat tumbuh subur pada cuaca, suhu ataupum kondisi lahan apapun sehingga mudah untuk dibudidayakan.

Di Indonesia nama rosella telah dikenal sejak tahun 1922. Tanaman ini biasanya dipakai sebagai tanaman hias dan pagar. Setelah bertahun-tahun dikenal sebagai tanaman hias dan pagar yang tidak dihiraukan, sekarang tanaman ini dikenal dengan banyak khasiat yang bermanfaat bagi manusia

Apa Manfaat Bunga Rosella? 

Salah satu manfaat yang paling terkenal dari bunga rosella adalah sifat anti penuaan, sehingga tanaman ini sangat populer di dunia kecantikan dan perawatan kulit. 

Manfaat bunga rosella telah digunakan untuk membuat lulur wajah atau tubuh, masker dan produk perawatan kecantikan lainnya. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga membantu menetralisir efek radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. 

Tak berhenti sampai disitu, bunga rosella juga memiliki manfaat untuk kesehatan, antara lain menghilangkan kram saat menstruasi. Bunga ini juga dapat membantu menurunkan berat badan.

 

Bagaimana cara mengonsumsi bunga rosella?

Cara mengonsumsi bunga rosella biasanya diolah menjadi teh. Langkahnya yaitu kelopak bunga yang masih segar dikeringkan kemudian diseduh menggunakan air panas. Selain itu, ekstrak bunga rosella juga sering digunakan sebagai pewarna alami beberapa sajian kue. 

Ilustrasi bunga rosella (Foto: Istimewa)
Ilustrasi bunga rosella (Foto: Istimewa)

Bunga Rosella ada dimana?

Bunga Rosella merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari Afrika. Di negeri asalnya, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosella, sementara di Jamaika, dibuat salad buah yang dimakan mentah.

Terkadang bunga ini juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula. 

Di Mesir, rosella diminum dingin pada musim panas dan diminum panas saat musim dingin.  Sementara di Sudan, menjadi minuman keseharian dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu. Minuman itu juga menghilangkan efek mabuk dan mencegah batuk. 

Baca Juga: Bunga Rosella Miliki Beragam Manfaat, Begini Cara Mengonsumsi dan Mendapatkannya
Warga Pondok Kopi Dihebohkan dengan Munculnya Bunga Bangkai

Tak jarang, rosella juga dimanfaatkan untuk diet, penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung. Selain itu, bubuk biji bunga rosella juga dapat dijadikan campuran minuman kopi.

Apakah bunga rosella bisa menurunkan asam urat?

Manfaat lain dari bunga rosella menurunkan kadar purin dalam tubuh. Seperti yang diketahui, makanan dengan kadar purin tinggi dapat menyebabkan asam urat. Konsumsi teh bunga rosella dapat menurunkan asam urat.

Video Terkait