Bidara Arab, Pohon yang Miliki Banyak Manfaat sampai Bisa Menangkal Gangguan Sihir

Ilustrasi bidara arab. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 23 November 2021 | 19:20 WIB

Sariagri - Bidara arab atau dikenal dengan sidr merupakan salah satu jenis pohon bidara yang banyak tumbuh di daerah tropis serta Asia Barat. Ia dapat tumbuh di lembah-lembah sampai ketinggian 500 m dpl.

Dalam Al Quran setidaknya ada empat ayat yang menyebut tentang pohon bidara arab, yaitu surah Saba ayat 16, surah An-Najm ayat 14 dan 16, serta Al Waqiah ayat 28.

Namun yang paling terkenal adalah dari surah Saba ayat 16 yang menyebut bahwa pengganti bagi kaum Saba yang berpaling adalah tumbuhnya dua pohon yang berbuah pahit, yaitu pohon Atsl dan pohon Sidr.

Tanaman dengan nama latin ziziphus mauritiana ternyata sudah sejak lama digunakan sebagai bahan baku pengobatan berbagai penyakit. 

Apa manfaat pohon bidara arab? 

Secara ilmiah, manfaat pohon bidara arab sudah terbukti. Salah satu khasiat yang banyak digunakan adalah untuk obat jerawat, membersihkan kulit dari kotoran, dan menjaga kulit dari kerusakan. 

Rendaman daun bidara dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV matahari. Menurut Anthony C. Dweck (Consultants on Natural Products to the Cosmetic, Toiletry and Pharmaceutical industry), komposisi kimia dari minyak daun bidara (Zizyphus spina-christi) yang diperoleh dengan menggunakan metode destilasi memiliki komponen utama: geranyl aseton (14,0%), metil hexadecanoate (10,0%), metil octadecanoate (9,9%), farnesyl aseton C (9,9%), hexadecanol (9,7%) dan etil octadecanoate (8,0%).

Apakah pohon bidara bisa mengusir jin?

Banyak orang percaya, pohon bidara arab dapat mengusir jin atau sihir dalam prosesi ruqyah dan keperluan lain sebagaimana sunnah nabi. Beberapa orang percaya bahwa Nabi Muhammad menggunakan pohon ini di daerah Mekah dan Madinah.

Apa Manfaat daun bidara Menurut Islam?

Dalam islam, daun bidara digunakan untuk prosesi ruqyah mengusir sihir dan juga jin di dalam manusia. Pada praktiknya, daun bidara digunakan untuk ruqyah syar’iyyah untuk menangani masalah-masalah yang ditimbulkan oleh jin dan sihir yang dikirimkan oleh para ahli sihir dan dukun.

Apakah pohon bidara arab berduri?

Sama seperti kebanyakan pohon bidara lainnya, batang pohon bidara arab juga diselimuti duri. Jadi, perlu hati-hati saat memegangnya ya. 

Budi daya bidara arab

Pohon bidara arab biasanya akan berubah pada tahun kedua setelah penanaman. Lakukan pemangkasan pada beberapa bunga dari pucuk baru agar menghasilkan buah dengan ukuran bagus. 

Jangan lupa untuk melakukan pemupukan dengan pupuk pupuk kandang saat proses pembentukan buah. Beri air yang cukup ke pohon saat mulai berbuah.  

ilustrasi daun bidara arab. (Istimewa)
ilustrasi daun bidara arab. (Istimewa)

Bentuk Daun Bidara Arab

Baca Juga: Bidara Arab, Pohon yang Miliki Banyak Manfaat sampai Bisa Menangkal Gangguan Sihir
Dianggap Keramat, Pohon Nagasari Bisa Hasilkan Kayu Berkualitas

Ciri-ciri pohon bidara arab asli lainnya adalah bagian daunnya yang memiliki bentuk tulang daun yang unik, karena terlihat tak beraturan. Apabila dilihat sekilas, kita tidak bisa mengatakan bahwa tulang daun bidara arab itu menyirip.

Bentuk daun bidara arab asli seperti oval dan berwarna hijau sedikit pudar dan tidak mengkilap. Fungsi daun bidara arab sama seperti daun tanaman pada umumnya yaitu sebagai tempat untuk mengolah bahan makanan berupa air dan zat hara dalam proses fotosintesis. Bagi manusia, daun bidara arab biasanya diolah dan dimanfaatkan untuk mempercantik kulit.

Video Terkait