Kenapa Pohon Delima Sulit Berbuah? Perhatikan Hal Penting Ini

Ilustrasi tanaman delima. (Foter.com)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 24 November 2021 | 17:00 WIB

Sariagri - Delima (Punica granatum) telah dibudidayakan sejak ribuan tahun di wilayah Mediterania, Timur Tengah, dan Asia. Delima di masa lampau menjadi simbol kesuburan Mesir Kuno. Tanaman delima cocok ditanam di iklim kering sebab cenderung tidak menyukai kondisi tanah yang lembab dan suhu rendah.

Di Indonesia, delima banyak ditanam di pekarangan rumah dan belum mendapat perhatian untuk pengembangan budidaya skala besar. Bahkan keberadaan tanaman delima belakangan semakin berkurang dan sebagian besar buah delima yang dijual merupakan produk impor.

Tanaman delima biasanya bisa mencapai tinggi sekitar 3,5 – 6 meter. Dibutuhkan kesabaran tinggi saat menanam delima, sebab butuh waktu sekitar tiga tahun untuk tanaman delima bisa mulai berbuah. Selain itu, dibutuhkan waktu sekitar 5 – 7 bulan sejak terbentuknya buah hingga masak dan siap di panen. Biasanya buah delima dipanen pada bulan-bulan Oktober – Januari.

Saat usia tanaman delima mencapai lebih dari 15 tahun, maka biasanya tanaman akan kehilangan kekuatannya dan penurunan produksi meskipun beberapa kultivar bisa hidup hingga ratusan tahun.

Sebenarnya, delima termasuk jenis tanaman tahunan yang membutuhkan perawatan rendah. Tetapi, seringkali pohon delima yang sudah memasuki usia produktif masih enggan berbuah. Tentunya hal tersebut menjadi pertanyaan, mengapa sulit membuat pohon delima berbuah lebat?

Baca Juga: Kenapa Pohon Delima Sulit Berbuah? Perhatikan Hal Penting Ini
Asyik! Kementan Bagi-bagi Buah Gratis di Pasar Tani Goes to Mall

Dilansir Gardening Knowhow, ada beberapa penyebab kenapa pohon delima sulit berbuah atau bahkan tidak berbuah. Bunga delima yang berwarna oranye kemerahan yang mencolok saat mekar ternyata menarik bagi burung kecil. Selain itu, bunga delima juga ada yang berkelamin tunggal dan ganda. Bunga berkelamin ganda ternyata akan lebih sulit menghasilkan buah.

Berikut beberapa tips agar pohon delima bisa berbuah lebat :

1.    Saat awal menanam, pilih dan gunakan bibit delima unggul yang produktif (bisa dari perbanyakan cangkok, sambung, stek)

2.    Tanam pohon delima di tempat yang banyak terkena sinar matahari secara penuh

3.    pH tanah yang cocok untuk delima berkisar 5 – 5,5 dan berikan pupuk atau mulsa organik

4.    Lakukan penyiraman dan jaga kelembaban tanah secara merata

5.    Beri pupuk pada bulan Maret dan Juli dengan NPK (10:10:10) dengan dosis 0,5 kilogram per 1 meter tinggi tanaman. Apabila pohon delima setinggi tiga meter, maka berikan 1,5 kilogram pupuk yang dilakukan secara bertahap. Pemupukan di Maret sebanyak 0,75 kilogram dan pemupukan di Juli sebanyak 0,75 kilogram

6.    Pemangkasan ringan pada dahan dan ranting cabang pohon delima secara teratur, tetapi jangan lakukan pemangkasan berat

7.    Hindari tanaman delima dari suhu yang sangat rendah

8.    Membantu penyerbukan bunga antar pohon delima atau antar bunga (penyerbukan silang)

9.    Lindungi bakal buah delima yang terbentuk dengan plastik atau kerta untuk mencegah kerontokan atau kerusakan akibat serangan hama.

Video Terkait