Ampuh Hilangkan Bau Amis, Ini Manfaat Cengkeh yang Jarang Diketahui

Minyak Cengkeh. (Pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 25 November 2021 | 10:15 WIB

Sariagri - Kecil-kecil cabe rawit, itu mungkin istilah yang tepat untuk menggambarkan manfaat cengkeh. Tanaman dengan nama latin Syzigium aromaticum adalah tanaman perkebunan atau industri dalam famili Myrtaceace.

Sebenarnya ada beragam pendapat tentang asal usul tanaman ini. Ada yang mengatakan berasal dari Maluku, ada pula yang mengatakannya berasal dari Irian (kini Papua) juga Filipina. Maluku dikenal sebagai tempat ditemukannya tanaman cengkeh tertua di dunia, bahkan pulau ini juga menjadi produsen cengkeh terbesar di dunia.

Sejak tahun 1769, penyebarannya bermula dari Maluku lalu tersebar ke Rumania hingga Madagaskar dan Zanzibar. Kemudian di tahun 1870, barulah menyebar ke beberapa wilayah Nusantara yaitu Kalimantan, Jawa, hingga Sumatera. 

Di antara sekian banyak varietas, ada tiga yang menjadi varietas unggulan yaitu Cengkeh Siputih, Sikotok, dan Zanzibar. Tanaman kaya manfaat ini memiliki bentuk daun yang panjang, ramping, serta berwarna hijau gelap, serta memiliki bunga berwarna lebih merah. Produksinya pun terbilang tinggi, di mana varietas Zanzibar disebut-sebut sebagai varietas terbaik.

Manfaat cengkeh

Tanaman rempah ini bisa menjadi obat tradisional. Namun kebanyakan negara lain di dunia justru menggunakannya untuk industri rokok. Tak hanya itu, sebagai salah satu penghasil minyak atsiri, tanaman ini juga banyak digunakan untuk bahan baku industri makanan dan industri farmasi.

Baca Juga: Ampuh Hilangkan Bau Amis, Ini Manfaat Cengkeh yang Jarang Diketahui
Kecil-kecil Luar Biasa, Ini Manfaat Ketumbar Sembuhkan Peradangan Hingga Antikanker

Seperti diketahui, rempah yang juga kerap dipakai untuk masakan ini mengandung minyak dengan aroma tajam yang khas. Karena itulah minyak cengkeh banyak dipakai untuk berbagai jenis produk pangan seperti makanan panggang, sosis, hingga penganan manis.

Bahkan, manfaat cengkeh juga menjadi solusi termudah untuk menghilangkan bau amis dari berbagai hidangan laut ataupun soto dan sop yang berisi jeroan. 

Video Terkait 

 

Video Terkait