Tak Disangka, Manfaat Timun Ternyata Begitu Mengesankan

Hortikultura - Ilustrasi timun (Pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 26 November 2021 | 12:30 WIB

Sariagri - Bagi masyarakat Indonesia, timun mungkin merupakan salah satu buah yang cukup populer. Hortikulutra yang satu ini bahkan mudah di dapat dan kerap diolah menjadi makanan dan minuman segar yang disukai banyak orang.

Termasuk anggota keluarga Cucurbitaceae, manfaat timun sejak lama juga dikenal sebagai buah dengan aneka kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan, termasuk kecantikan.



Berikut sejumlah manfaat timun yang wajib Sobat Agri tahu:



1. Menyegarkan napas

Sebagai buah dengan kandungan air cukup tinggi, buah ini terbukti dapat menyegarkan napas. Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu tekan sepotong timun ke langit-langit mulut selama 30 detik. Dalam prosesnya, fitokimia akan membunuh bakteri yang menyebabkan napas tidak sedap.

2. Bagus untuk tubuh

Melansir Fact2 Go, buah ini mengandung 96 persen air, banyak orang menganggap bahwa kandungannya tidak terlalu bergizi atau sehat. Namun, yang terjadi adalah sebaliknya.

Selain air, timun juga mengandung banyak vitamin, antara lain vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, asam folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan seng. Karena kandungan ini pula, buah ini cukup berkhasiat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

3. Memiliki efek mendinginkan

Kandungan dalam manfaat timun memiliki efek mendinginkan bahkan dapat menurunkan suhu darah dan mengurangi pembengkakan. Itu sebabnya banyak orang, khususnya wanita, terkadang menggunakan potongan buah ini di mata mereka.




4. Bahan pembersih organik

Buah ini dapat digunakan membersihkan keran, wastafel dan banyak permukaan halus lainnya. Jadi, ketimbang pembersih berbahan kimia, penggunaan buah ini sebagai pembersih organik jelas lebih aman.

5. Mengatasi cermin berkabut

Sering melihat cermin berkabut saat mandi? kini kamu tak perlu khawatir lagi. Cukup bersihkan dengan potongan buah segar ini, dijamin cermin akan kembali bersih dan bebas kabut. Selain itu, aroma kamar mandi pun tentu menjadi lebih segar.

6. Gin dan tonik

Baca Juga: Tak Disangka, Manfaat Timun Ternyata Begitu Mengesankan
Kerjaan Kantor Bikin Stres, Coba Deh Konsumsi 4 Buah Ini untuk Perbaiki Suasana Hati



Gin dan tonik adalah minuman yang digemari banyak orang. Kamu bisa membuatnya dengan irisan jeruk atau lemon, tapi tentu saja yang terbaik adalah dengan menambahkan sepotong timun.



Video Terkait