Menggantung Bawang Putih di Pintu Punya Manfaat? Ini Penjelasannya

Ilustrasi bawang yang digantung. (Foto: Unsplash)

Editor: M Kautsar - Minggu, 28 November 2021 | 17:00 WIB

Sariagri - Bawang putih sejak dahulu dijadikan sebagai salah satu bahan pembuat segala macam masakan yang banyak digunakan masyarakat. Namun, selain menjadi bumbu dapur rupanya bawang putih juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman Hello Sehat, dijelaskan bahwa bawang putih mampu mengatasi beragam permasalahan kesehatan di antaranya mampu menurunkan, kolesterol, mengendalikan takanan darah, menyehatkan jantung hingga menurunkan risiko kanker.

Nah, mungkin manfaat bawang putih yang satu ini terkesan aneh dan mistis di mana bumbu dapur ini kerap digantung pada bagian depan pintu. Lantas apa manfaat yang didapatkannya?

Dikutip dari berbagai sumber, bawang putih mengandung senyawa allicin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, dan sifat antibakteri serta antiinflamasi. Siapa sangka bawang putih juga bisa jadi senjata ampuh di rumah.

Menggantung bawang putih di pintu rumah rupanya dapat mengatasi bahkan mengusir cicak di rumah yang kerap membuat risih keluarga. Seperti apa cara efektif mengusir cicak menggunganakan bawang putih tersebut?

Pertama-tama, bawang putih bisa digantung di depan pintu atau jendela rumah untuk mengusir cicak. Selain itu, juga bisa menyemprotkan air yang sudah dicampuri rendaman bawang putih di sekitar rumah yang kerap dihinggapi cicak.

Namun apabila aroma bawang putih terasa mengganggu penciuman, ada cara lainnya juga bisa digunakan dalam mengusir cicak di rumah. Seperti menggunakan cangkang telur, di mana aroma telur yang masih melekat di dalam cangkang membuat cicak ogah mendekat.

Baca Juga: Menggantung Bawang Putih di Pintu Punya Manfaat? Ini Penjelasannya
Viral Menteri Informasi Sebut Bawah Putih adalah Jahe, Warganet: Sekolah di Mana?

Letakkan cangkang telur di wadah dan taruh di pojok-pojok rumah. Aromanya akan tersebar dan mampu mengusir cicak. Atau Sobat Agri juga bisa menumbuk cangkang telur menjadi serpihan kecil.

Kumpulkan serpihannya ke dalam kantong plastik yang sudah dilubangi. Setelah itu, gantungkan serpihan cangkang telur di dekat ventilasi atau jendela agar cicak tak berani lagi mendekati rumah.

Video Terkait