Cara Tepat Memindahkan Tanaman Indoor ke Luar Ruangan Agar Tidak Stres

Ilustrasi - Tanaman hias di dalam ruangan.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 2 Desember 2021 | 19:20 WIB

Sariagri - Beberapa jenis tanaman hias yang ditumbuhkembangkan di dalam ruangan memiliki tingkat adaptasi berbeda dengan di luar ruangan. Hal ini karena elemen pendukung pertumbuhan seperti pencahayaan, panas, air dan udara berbeda antara lingkungan di dalam dan di luar ruangan.

Ketika ingin memberikan tanaman indoor sedikit nuansa udara di luar ruangan tidak bisa dilakukan secara langsung memindahkanya. Tanaman indoor akan menjadi stres jika ditempatkan tiba-tiba di lingkungan luar yang asing. Bahkan, tanaman indoor bisa layu dan mati jika dipindahkan secara langsung ke luar ruangan.

Teknik aklimatisasi yang tepat dibutuhkan untuk memindahkan tanaman dari lingkungan lamanya ke lingkungan baru agar pertumbuhannya tidak terganggu. Lalu, bagaimana cara tepat memindahkan tanaman indoor ke luar ruangan?

Pemberian intensitas dan durasi penyinaran matahari secara bertahap

Dilansir Gardening Knowhow, cahaya menjadi salah satu yang berkontribusi menyebabkan tanaman indoor terkejut saat dipindahkan ke luar. Sebab, intensitas sinar matahari di luar ruangan jauh lebih besar dibandingkan sinar lampu di dalam ruangan.

Untuk membuat transisi pencahayaan yang tepat bagi tanaman indoor, letakkan di area teduh di luar ruangan seperti di bawah pohon atau kanopi lainnya. Biarkan tanaman menyesuaikan pencahayaan secara bertahap selama beberapa jam setiap hari.

Setelah beberapa hari, letakkan tanaman ke area yang mendapatkan sinar matahari sedikit lebih banyak dari sebelumnya dan tambah durasi waktu adaptasi menjadi beberapa minggu hingga tanaman benar-benar tidak menunjukkan gejala degradasi (layu, kuning, rontok atau mati).

Penyiraman lebih intens saat tanaman di luar ruangan

Setelah tanaman indoor sepenuhnya bisa menyesuaikan kondisi di luar ruangan, pada bulan pertama saat intensitas matahari tinggi perlu diberikan lebih banyak air dan nutrisi. Intensitas penyiraman ditingkatkan namun jangan sampai berlebihan.

Baca Juga: Cara Tepat Memindahkan Tanaman Indoor ke Luar Ruangan Agar Tidak Stres
Bukan Hanya Tanaman Hias Semata, Ekstrak Daun Wungu Ampuh Pulihkan Luka

Mempersiapkan penanganan serangan hama dan penyakit

Selama dirawat di dalam ruangan, tanaman tidak mengalami serangan hama dan penyakit separah tanaman di luar ruangan. Karena itu, persiapkan pengendalian hama penyakit saat tanaman mulai dipindahkan ke luar ruangan secara cepat dan lakukan pencegahan lebih dini.

Beri penghalang angin dan hujan

Angin bisa menjadi penyebab stres tanaman saat dipindahkan ke luar ruangan. Tanaman yang selama ini berada di dalam ruangan tidak terbiasa dengan hembusan angin yang lebih kencang di luar ruangan. Bahkan, jika hembusan angin cukup kuat bisa merusak perakaran dan perawakan tanaman. Karena itu, letakkan tanaman indoor terlebih dahulu di area terlindungi dengan baik dari hempasan angin dan hujan.

Video terkait:

 

Video Terkait