Cocok Bagi Pemula! Begini Cara Mudah Membuat Hidroponik Sistem Sumbu dari Botol Bekas

Ilustrasi hidroponik (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 2 Desember 2021 | 20:00 WIB

Sariagri - Hidroponik merupakan budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah, melainkan hanya memerlukan media air dan nutrisi. Hasil tanaman dari budidaya secara hidroponik di klaim lebih sehat, karena selama masa budidaya tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lain yang berbahaya.

Teknik penanaman hidroponik menjadi sangat populer karena kemudahan dan efisiensinya dalam menggunakan lahan yang tersedia. Sebab, hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas dan sangat mudah dibuat sendiri.

Ada berbagai jenis sistem hidroponik yang bisa dilakukan. Namun yang paling sederhana adalah hidroponik sistem sumbu atau wick system. Dalam sistem wick, tanaman akan ditempatkan pada sebuah wadah yang diletakkan tepat pada sebuah tempat penyimpanan air. Wadah penyimpanan air tersebut sebelumnya sudah diberikan larutan nutrisi seperti pupuk dan penyubur tanaman.

Begini cara mudah membuat hidroponik sistem sumbu dari botol bekas , dikutip dari berbagai sumber.

  • Potong botol minuman bekas menjadi dua dengan menggunakan cutter, pisau, atau gunting. Pastikan ukuran botol bagian bawah lebih besar daripada ukuran bagian atas.
  • Tuangkan air ke dalam bagian botol bawah lalu masukkan pupuk nutrisi A & B sesuai takaran. Perbandingannya, masing-masing 5 ml untuk setiap liter air..
  • Lubangi permukaan pada bagian leher botol dengan menggunakan paku kecil di beberapa titik. Selain itu, lubangi juga bagian penutup botol sebagai jalur masuk sumbu nantinya.
  • Kemudian masukkan sumbu, kain bekas atau kain flannel ke dalam celah penutup botol yang akan dibuat. Pastikan sumbu cukup panjang di kedua sisi agar dapat menyerap air yang akan dituangkan dan juga mengenai bagian benih tanaman. Lalu letakkan dengan posisi terbalik ke dalam botol yang telah berisikan air.
  • Setelah itu, masukkan benih yang masih tertanam pada rockwool ke dalam bagian botol yang telah dibalik.
  • Pastikan benih terkena dengan bagian sumbu yang sudah terbasahi dengan larutan nutrisi dan air. Kamu juga bisa menggunakan media tanam seperti sekam bakar, batu bara merah yang telah dihancurkan, serta spon untuk menjaga bentuk tanamanan agar tiduk mudah patah.
  • Letakkan botol di area yang ramah sinar matahari namun tidak rawan terkena hujan agar benih tumbuh dengan baik. Lakukan proses tersebut untuk membuat media tanam lainnya.
Baca Juga: Cocok Bagi Pemula! Begini Cara Mudah Membuat Hidroponik Sistem Sumbu dari Botol Bekas
Penting! Ini 5 Kebutuhan Dasar Saat Menanam Hidroponik

Perawatan Media Tanam

Tempatkan tanaman dari tempat yang aman dari hujan. Selain itu, benih tanaman yang dibudidayakan dengan cara hidroponik ini juga harus rutin diberikan nutrisi tambahan.

Pada minggu pertama penanaman, gunakan nutrisi A & B dengan takaran 5 ml + 5 ml untuk tiap 1 liter air. Lalu naikkan menjadi 6 ml + 6 ml campuran untuk tiap liter di minggu kedua. Lanjutkan memberikan nutrisi hingga tanaman berkembang dan siap dipanen.

 

Video Terkait