Mengenal Mangga Kelapa Jumbo, Buah yang Viral di Media Sosial

Ilustrasi Mangga Kelapa. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 8 Desember 2021 | 15:30 WIB

Sariagri -Beberapa waktu lalu, dunia maya dihebohkan dengan hadirnya sebuah mangga dengan ukuran yang sangat besar. Bahkan ukurannya hampir sama dengan buah kepala. 

Ya, buah ini dikenal dengan nama mangga kelapa jumbo. Jenisnya mulai dikenal banyak orang setelah seorang warga Sulawesi Utara (Sulut) mengunggah foto di media sosial.

Sang Pemilik, Danny Lumingkewa mengaku sempat terkejut saat buah yang ditanam itu tumbuh sangat besar jadi mangga kelapa jumbo. Ia tidak menyangka, buah yang ditanamnya bisa memiliki berat hingga lebih dari 2 Kg. 

Mengenal Mangga Kelapa Jumbo

Mangga Kelapa Jumbo Miliki Ukuran Buah yang Besar 

Sesuai dengan namanya, mangga kelapa jumbo memiliki buah yang sangat besar. Bobot per buahnya sekitar 1,5 kg hingga 2 kg. 

Pohon Tidak dapat Tumbuh Tinggi 

Walaupun memiliki buah yang besar, ternyata pohon mangga kelapa jumbo tidak dapat tumbuh tinggi. Biasanya pohon dari buah ini hanya mencapai 3 meter, sehingga buahnya dapat dipanen tanpa memanjat pohonnya. 

Miliki Rasa Unik

Jika kebanyakan mangga memiliki rasa manis dan masam, tidak dengan jenis satu ini. Mangga kelapa jumbo memiliki rasa manis, masam dan juga asin. 


Tidak Memiliki Aroma 

Hal unik lain dari mangga kelapa jumbo ini adalah aromanya. Mangga kelapa jumbo ternyata tidak memiliki aroma lho, berbeda dengan jenis mangga lainnya. 

Proses Tumbuhnya Mangga Kelapa

Mangga Kelapa termasuk tumbuhan vegetatif dengan menggunakan tehnik okulasi. Ini dilakukan dengan menyambungkan mata tunas dari pohon induk mangga yang sudah berbuah.

Mangga kelapa termasuk jenis tanaman yang dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal di dataran rendah dengan ketinggian antara 0 sampai 300 m dpl dengan curah hujan antara 750 sampai 2.250 mm per tahun dan bertemperatur 24 sampai 270 C.

Baca Juga: Mengenal Mangga Kelapa Jumbo, Buah yang Viral di Media Sosial
Bidara Arab, Pohon yang Miliki Banyak Manfaat sampai Bisa Menangkal Gangguan Sihir

Kendati demikian, tanaman mangga kelapa juga masih dapat tumbuh sampai ketinggian 1.300 m dpl. Jenis tanah yang cocok untuk mangga ini adalah tanah yang gembur, berdrainase baik, ber-pH antara 5,5 sampai 6 dan dengan kedalaman air tanah antara 50 sampai 150 cm.

Selain bibit, kita juga menyediakan pupuk organik yang kita formulasikan secara khusus dan terukur untuk tanaman mangga.

Spesifikasi Mangga Kelapa:
Nama ilmiah : Mangifera indica
Bibit berasal dari: okulasi
Asal Bibit : Cangkok / Okulasi
Tinggi Bibit : 40cm – 70cm
Rekomendasi dataran dan kondisi tempat tumbuh optimal: dataran rendah / iklim panas / suhu 30-35°C
Kebutuhan sinar matahari: full sun (penyinaran sepanjang hari)
Kapan berbuah: kira-kira 3-5 tahun lagi
Buah dapat dikonsumsi dengan cara: dimakan langsung dalam kondisi segar
Jika ditanam di pot, rekomendasi ukuran pot: diameter > 60 cm.

Video Terkait