Kenapa Minyak Kelapa Dianggap Dapat Memperlancar Persalinan Ibu Hamil?

Ilustrasi Kelapa. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 8 Desember 2021 | 19:50 WIB

Sariagri - Bagi ibu hamil pasti sudah tidak asing mendengar khasiat minyak kelapa yang dianggap dapat memperlancar proses persalinan. Bahkan kepercayaan akan khasiat minyak kelapa dalam persalinan ini sudah ada sejak dulu.

Konsumsi minyak kelapa untuk ibu hamil biasanya dilakukan secara rutin di trimester ketiga. Tidak heran banyak ibu hamil yang sering mencari minyak ini.

Lantas, kenapa minyak kelapa dianggap dapat memperlancar kehamilan? Dilansir dari berbagai sumber, hingga kini belum ada penelitian yang mengungkapkan kaitan minyak kelapa dengan memperlancar proses persalinan.

Minyak kelapa yang diminum akan masuk ke dalam saluran pencernaan. Sementara itu, proses persalinan akan berlangsung pada saluran reproduksi wanita. Jadi, kedua hal ini memiliki saluran yang berbeda dan tidak berhubungan.

Proses persalinan sendiri memiliki tiga faktor utama yang mempengaruhinya yaitu kekuatan untuk mengejanndan kekuatan kontraksi rahim, ukuran dan bentuk pinggul ibu serta ukuran bayi. Ketiga hal inilah yang akan memperlancar proses persalinan secara normal.

Meski minyak kelapa dan proses persalinan tidak ada kaitannya, tetapi ibu hamil tetap dapat mengkonsumsinya. Minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil.

Minyak kelapa kaya antioksidan dan nutrisi seperti asam laurat, lemak sehat, vitamin dan mineral. Adapun manfaatnya yaitu sebagai sumber lemak yang dibutuhkan janin, sumber energi, dan membantu mengurangi stretch marks.

Dilansir dari Healthline, fungsi minyak kelapa untuk ibu hamil dapat dipadukan dengan makanan seperti tumisan. Selama kehamilan, lemak yang dimakan memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan plasenta dan organ bayi dalam kandungan. Tidak ingin memasak? Minyak kelapa sebanyak satu sendok makan bisa dicampurkan ke dalam smoothie.

Apakah mengonsumsi minyak kelapa aman selama kehamilan? Ya — asalkan tidak alergi dan tidak berlebihan.  Selain itu, minyak kelapa memiliki manfaat untuk kesehatan gigi. Caranya ambil satu sendok makan minyak kelapa murni, masukkan ke dalam mulut dan desir dengan lembut selama 20 menit. 

Setelah itu buang dan gosok gigi atau bilas dengan air garam. Lakukan di pagi hari saat perut kosong.

Video Terkait



Baca Juga: Kenapa Minyak Kelapa Dianggap Dapat Memperlancar Persalinan Ibu Hamil?
Punya Masalah Ketiak Hitam? Coba Atasi dengan 5 Bahan Alami Ini