Catat! Ini 5 Tanaman yang Mampu Meredam Kebisingan Suara Secara Alami

Ilustrasi bunga peace lily (Piqels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 10 Desember 2021 | 10:00 WIB

Sariagri - Tanaman memiliki ragam manfaat ketika diletakkan dalam ruangan, seperti memberi kesan teduh, mempercantik dekorasi rumah dan menyaring udara. Namun, tahukah kamu ternyata sejumlah tanaman juga mampu mengusir serangga dan meredam suara bising secara alami.

Seorang ilmuwan tanaman untuk Garden Safe, Gladys M-Curtis menjelaskan bahwa tanaman dan pohon telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai penghalang lalu lintas dan sumber polusi suara perkotaan.

"Pepohonan ditanam di sepanjang jalan raya untuk membantu mengurangi jumlah kebisingan yang didistribusikan di komunitas yang berdekatan," kata M-Curtis, dikutip dari Well and Good.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa taman vertikal yang menempel pada eksterior bangunan mampu mengurangi kebisingan dalam denah lantai terbuka, baik dirumah maupun di kantor.

Untuk meredam suara secara maksimal, tanaman harus ditempatkan di sekililing ruang dan penanam yang lebih besar harus digunakan. Sebab, kombinasi tanah berpori dan tanaman memberikan kapasitas penyerapan suara terbaik.

"Meskipun tanaman tidak memiliki organ yang dapat dikenali yang dirancang untuk menerima getaran suara, seperti gendang telinga pada hewan, bukti biologis menunjukkan bahwa tanaman adalah organisme yang sangat sensitif yang menghasilkan dan menerima sinyal suara dari lingkungan," ujarnya.

Semua tanaman memiliki kemampuan untuk meredam kebisingan, namun hanya beberapa jenis lebih efektif daripada yang lain.

Ini 5 tanaman yang mampu meredam kebisingan secara alami.

1. Pakis Boston

Pakis boston memiliki kemampuan meredam kebisingan hingga 98 persen energi akustik. Tanaman hijau ini memiliki nama latin Nephrolepis exaltata, dengan pelepah berbentuk pedang dan bilah daun bergigi dapat tumbuh hingga setinggi 90 cm.

2. Baby Tears

M-Curtis mengatakan bahwa Baby tears adalah tanaman tahunan yang merambat, membentuk tikar, dan selalu hijau yang ditanam untuk dedaunan hiasnya. Meski berdaun kecil, tetapi tanaman satu ini mampu menyerap 90 persen suara dalam rentang frekuensi yang dapat didengar.

3. Begonia Rex

M-Curtis menjelaskan bahwa Begonia rex yang indah dan dramatis dapat menyerap hingga 97 persen energi suara yang datang. "Tanaman ini membuat tambahan yang bagus untuk dek teduh, taman teras, taman atap atau balkon, dan mereka juga dapat tumbuh di dalam ruangan," jelasnya.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Tanaman yang Mampu Meredam Kebisingan Suara Secara Alami
Jangan Asal Makan, Ini Cara yang Benar Konsumsi Buah Ciplukan

4. Ficus

M-Curtis berpendapat bahwa Ficus salah satu spesies kunci, atau spesies yang sangat berinteraksi dengan spesies lain, dan memiliki dampak besar pada ekosistem mereka dibandingkan dengan kelimpahannya. Tanaman ini bisa mencapai 4,59 meter untuk varietas pohon dan punya keunggulan untuk menyerap suara.

5. Bunga Peace Lily

Tak hanya baik untuk menghilangkan polutan udara dalam ruangan, rupaya bunga peace lily juga baik untuk meredam kebisingan. Ditambah tanaman hias ini sangat cantik untuk diliat dengna bunga berbentuk kuping gajah dan daun hijau tua yang mengilap.

Video Terkait