Cegah Diabetes Hingga Kanker, Ini Manfaat Daun Mangga yang Jarang Diketahui

Ilustrasi daun mangga. (pixabay)

Editor: Dera - Senin, 20 Desember 2021 | 11:15 WIB

Sariagri - Manfaat daun mangga mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. Di mana selama ini, mangga hanya diambil bagian daging buahnya saja karena rasanya yang manis dan segar. 

Meski tidak sepopuler buahnya, daun yang memiliki bentuk lonjong dengan ujung lancip ini ternyata juga mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang dinilai bersifat antioksidan, antiradang dan antibakteri.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat daun mangga bagi kesehatan.

1. Mencegah diabetes tipe 2

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan polifenol dan komponen anthocyanidins pada daun mangga, dinilai mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Tentu hal ini sangat baik untuk mencegah resistensi insulin dan menghindari risiko terkena diabetes tipe 2.

2. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Siapa yang menyangka, bahwa daun mangga ternyata mengandung antioksidan, seperti flavonoid, mangiferin, dan polifenol. Ketiga senyawa itu berperan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi otak manusia. Bahkan ada studi yang menyatakan bahwa extra daun mangga bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta mengurangi risiko terjadinya pikun dan demensia.

3. Mengurangi kolesterol dalam darah

Saat ini telah banyak obat herbal yang berbahan dasar daun mangga, salah satunya obat herbal untuk penyakit kolesterol. Hasil penelitian menunjukkan daun mangga dapat mengurangi kolesterol di pembuluh darah.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Beberapa penelitian mengungkapkan, manfaat daun mangga mengandung zat mangiferin yang bersifat antikanker. Kandungan tersebut dipercaya mampu melawan stress oksidatif, peradangan di dalam tubuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker payudara dan prostat dalam tubuh manusia.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Antioksidan sangat baik bagi kesehatan. Kandungannya berperan penting dalam menangkal efek radikal bebas, sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Jika daya tahan tubuh kuat maka tubuh akan melawan kuman dan virus penyebab infeksi yang menjadi penyebab datangnya penyakit.

6. Menurunkan kadar asam urat

Berdasarkan penelitian, daun berwarna hijau tua ini, mengandung pelarut purin yang bisa mengurangi kristal asam urat dalam tubuh. Bila memiliki penyakit asam urat, tidak ada salahnya untuk mencoba extrak daun mangga. Namun perlu diingatkan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar lebih aman dan tidak memiliki efek samping.

Baca Juga: Cegah Diabetes Hingga Kanker, Ini Manfaat Daun Mangga yang Jarang Diketahui
5 Manfaat Daun Jambu Biji Klutuk untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Jantung

7. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A tidak hanya didapatkan dari wortel saja, tetapi juga dimiliki oleh daun mangga. Meski jumlahnya tidak banyak, kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta fenol bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan mata.

8. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi memang harus diwaspadai. Pasalnya, banyak penyakit yang memang disebabkan karena tekanan darah tinggi, seperti misalnya penyakit jantung dan stroke. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Hospital Medicine Mesir, daun mangga memiliki sifat hipotensi. Sifat ini membantu menurunkan tekanan darah tinggi dalam darah.

Video Terkait