Jeruk Daysindo, Varietas Unggul Baru yang Punya Rasa Manis dan Daya Simpan Lama

Ilustrasi jeruk daysindo (Foto - balitjestro litbang pertanian.go.id)

Editor: M Kautsar - Senin, 20 Desember 2021 | 16:40 WIB

Sariagri - Jeruk adalah salah satu buah tropis khas Indonesia. Ia memiliki kandungan antioksidan, folat, potassium, vitamin B1 dan vitamin C yang cukup tinggi bagi kesehatan. Seperti yang sudah diketahui, vitamin C adalah zat penting yang berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat molekul radikal bebas.

Baca Juga: Jeruk Daysindo, Varietas Unggul Baru yang Punya Rasa Manis dan Daya Simpan Lama
Kurangi Infeksi Penyakit Citrus Greening di Tanaman Jeruk Melalui Manajemen Waktu Pemupukan

Maka tidak heran jika dalam kehidupan sehari-hari, jeruk banyak dikonsumsi semua kalangan masyarakat Indonesia. Kehadirannya memang begitu dekat sebab memberi manfaat baik bagi tubuh manusia. Bahkan dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah-jeruk dapat memberikan perlindungan lebih tinggi terhadap bahaya kanker.

Begitu besar peran dan manfaatnya, membuat Kementerian Pertanian melakukan pengembangan varietas jeruk unggul baru, yang pastinya memberi nilai tambah bagi para petani.

Salah satu yang telah dikembangkan di tahun 2021 oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian adalah jeruk keprok ‘Daysindo Agrihorti’. Melalui Keputusan Menteri Pertanian nomor 764/kpts/PV.240/D/11/2021 Kementan telah merilis satu jenis vaeritas jeruk tersebut.

Karakteristik jeruk daysindo

  • Ciri-ciri jeruk daysindo yaitu memiliki tekstur yang halus, dengan kerapatan pori-pori sedang.
  • Ketika sudah matang, jeruk ini akan berubah menjadi warna oranye.
  • Memiliki rasa yang manis segar dengan brix mencapai 15– 16 derajat.
  • Setiap buahnya memiliki berat berkisar antata 177–280 gram.

Keunikan jeruk daysindo

Ada fakta menarik yang dimiliki jeruk daysindo. Tak disangka buah ini ternyata mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu mencapai 40-45 hari. Selain itu, buah ini juga termasuk cukup adaptif dikembangkan di dataran tinggi.

Pengembangan jeruk daysindo ini merupakan salah satu bentuk upaya dari Kementerian Pertanian untuk memsubsituti jeruk impor. Dengan penyediaan varietas unggul baru diharapkan mampu menarik minat petani, pelaku pertanian hingga konsumen dalam hal ini masyrakat untuk mengkonsumsi jeruk lokal dari Nusantara.

Video Terkait