Bisa Bikin Kulit Glowing, Ini Cara Praktis Buat Ramuan Singkong di Rumah

Ilustrasi Singkong (Freepik)

Editor: Dera - Senin, 20 Desember 2021 | 17:10 WIB

Sariagri - Seiring berkembangnya industri kecantikan saat ini, banyak kaum hawa yang beralih menggunakan bahan organik dan alami untuk perawatan kecantikan kulit, salah satunya dengan singkong sebagai bahan utamanya. 

Bahan makanan yang tidak bikin kantong jebol dan mudah didapat ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit.

Sobat Agri penasaran ingin mencobanya? intip yuk sederet ramuan singkong untuk perawatan kulit. 

Melembabkan

Singkong berfungsi untuk melembabkan kulit dan nutrisinya secara optimal. Gunakan ramuan masker singkong untuk diaplikasikan pada wajah saat ada di rumah.

Caranya mudah, cukup dengan mencampurkan potongan singkong yang sudah diparut dengan madu atau minyak zaitun. Untuk perawatan kulit berminyak, bisa menambahkan satu sendok makan perasan air jeruk lemon.

Menyamarkan noda bekas jerawat

Singkong mengandung mineral dan efek farmakologis yang bisa dijadikan antioksidan, mempercepat proses penyembuhan luka atau mengatasi noda bekas jerawat. Aplikasikan singkong yang sudah diparut secara rutin, maksimal dua kali sehari untuk hasil optimal.

Mencerahkan kulit

Seperti bengkuang, singkong memiliki saripati yang mampu membantu mendinginkan dan mencerahkan kulit wajah. Selain itu, kulit singkong dapat digunakan sebagai eksfoliator alami.

Caranya, kupas tipis kulit singkong dan tumbuk agar teksturnya jadi lembut. Aplikasikan pada wajah dan leher, tunggu selama beberapa menit. Setelah setengah kering, gosok perlahan dan bilas hingga bersih.

Baca Juga: Bisa Bikin Kulit Glowing, Ini Cara Praktis Buat Ramuan Singkong di Rumah
Jarang Diketahui! Ternyata Ini 5 Jenis Singkong yang Paling Enak Diolah Jadi Makanan Ringan

Cegah penuaan dini

Selain membantu membersihkan kotoran dan mengangkat sel kulit mati hingga ke pori, singkong dapat mencegah penuaan dini, loh. Tak heran jika kandungan singkong seringkali digunakan oleh berbagai produk di pasaran untuk mengatasi garis halus, menyamarkan noda gelap serta kerut pada wajah.

Penggunaan singkong secara teratur tak hanya bisa membantu mencegah kulit kusam, tapi juga membuat kulit terasa lebih halus dan kenyal.

Video Terkait