Cocok Saat Musim Hujan, Wedang Jahe Ternyata Memiliki Segudang Manfaat Loh

Ilustrasi jahe (pexels)

Editor: M Kautsar - Kamis, 23 Desember 2021 | 11:45 WIB

Sariagri -  Masyarakat Indonesia sudah sejak lama menjadikan wedang jahe sebagai minuman tradisional secara turun temurun. Bukan hanya dimanfaatkan sebagai minuman saja, namun wedang jahe dijadikan resep tradisional yang memiliki segudang manfaat yang telah terbukti banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kata wedang dalam bahasa Jawa memiliki arti minuman panas. Oleh karena itu, di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur minuman sari jahe ini disuguhkan dalam keadaan panas. Minuman segar dan menyehatkan ini dibuat dari irisan jahe, gula jawa atau gula batu yang dicampur ke dalam air panas.

Tidak hanya menggunakan jahe, masyarakat Indonesia biasanya menggunakan jahe bubuk sebagai resep simple untuk membuat wedang jahe. Wedang jahe juga biasa dicampur kayu manis, serai, daun pandan, cengkeh ataupun susu agar lebih menjadi segar.

Wedang jahe sangat berkhasiat bagi kesehatan dan stamina tubuh. Biasanya wedang jahe diminum dikala suasana dingin, misalnya saat musim hujan untuk menghangatkan badan.

Selain menyegarkan, wedang jahe juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan khasiat tubuh. Minuman yang biasanya dinikmati saat cuaca sedang dingin ini bisa dijadikan sebagai penghangat tubuh.

Selain untuk membuat tubuh hangat, ada banyak manfaat wedang jahe lainnya.

Berikut ini manfaat wedang jahe untuk kesehatan tubuh, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Jahe bisa untuk melawan rematik

Nyeri rematik dapat menyebabkan peradangan. Oleh sebab itu, rutin minum wedang jahe setiap hari sangat baik untuk melawan rematik. Khasiat wedang jahe itu didapat dari sejumlah komponen aktif di dalamnya, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron yang bekerja untuk menurunkan zat pemicu peradangan tubuh.

Mengatasi jerawat secara alami

Jerawat merupakan suatu kondisi peradangan. Sangat penting membuat perubahan pola makan untuk mengendalikan peradangan pada kulit tersebut. Banyak orang rutin minum wedang jahe setiap hari untuk mengurangi resiko peradangan kulit dan mengatasi jerawat secara alami.

Itu karena jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan mengandung beberapa bahan kimia yang mampu melawan peradangan seperti gingerol, shogaol dan enzim zingibain.

Baca Juga: Cocok Saat Musim Hujan, Wedang Jahe Ternyata Memiliki Segudang Manfaat Loh
Ekstrak Jahe Efektif Kurangi Serangan Hama Thrips pada Selada Hidroponik

Mengurangi reaksi alergi

Sebuah penelitian menemukan bahwa air rebusan jahe (wedang jahe) bermanfaat untuk mengatasi reaksi alergi.  Hal itu karena jahe mengandung oleoresin dan punya efek anti radang yang bekerja melawan peradangan akibat alergi.

Mengobati gangguan pencernaan

Manfaat wedang jahe untuk kesehatan dapat mengatasi rasa tidak nyaman karena gangguan pencernaan seperti dispepsia (sakit maag). Minuman wedang jahe juga menjadi salah satu cara untuk mengurangi gas dalam perut yang seringkali menimbulkan masalah pencernaan.

Meredakan nyeri haid

Dalam sebuah penelitian, minuman wedang jahe disebutkan dapat meredakan rasa nyeri selama masa haid bagi perempuan. Selain itu, penelitian lain menyebutkan bahwa wedang jahe jauh lebih efektif dalam mengatasi nyeri haid daripada obat anti-nyeri.

Ilustrasi - Jahe salah satu bahan minuman fungsional. (Pixabay)
Ilustrasi - Jahe salah satu bahan minuman fungsional. (Pixabay)

Meredakan mual

Mual dapat dipicu oleh beberapa faktor, seperti masuk angin, mabuk kendaraan, kehamilan, pasca operasi, maupun kemoterapi.  Dalam kondisi ini, minuman wedang jahe adalah pilihan tepat untuk meredakan rasa mual. Mulas dan diare juga dapat diatasi dengan minuman ini.

Meredakan nyeri sendi dan otot

Para orang tua zaman dulu sering mengonsumsi wedang jahe setiap kali merasa nyeri di bagian sendi dan otot. Karena itu, sampai sekarang pun minuman jahe menjadi obat alami nyeri sendi dan otot yang paling manjur.

Menurunkan kolesterol jahat

Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh berpotensi menimbulkan berbagai penyakit serius, seperti diabetes, serangan jantung hingga stroke. Untuk mengurangi kadar kolesterol itu, kamu bisa rutin konsumsi wedang jahe. Minuman ini dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Video Terkait