5 Jenis Tanaman Hias Berdaun Kuning yang Cocok Hiasi Taman

Ilustrasi tanaman berdaun kuning. (Foto Unsplash)

Editor: M Kautsar - Kamis, 23 Desember 2021 | 19:40 WIB

Sariagri - Bosan dengan tanaman hias yang hanya berwarna hijau saja? Sekarang kamu bisa memilih tanaman hias dengan warna kuning. Tanaman hias berdaun kuning tentu menambah suasana rumah menjadi lebih teduh.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Hias Berdaun Kuning yang Cocok Hiasi Taman
Begini Cara Merawat Tanaman Aster

Tanaman berdaun kuning digemari oleh para pecinta tanaman hias, sebab warna kuningnya bisa dijadikan titik fokus tanaman. Tanaman ini akan memancarkan warna kuning ditengah tanaman yang berwarna hijau.

Dengan begitu taman akan menjadi cerah, apalagi saat tanaman berdaun kuning terkena sinar matahari. Tentu akan membuat taman menjadi cerah dengan pancaran warna kuning. 

Berikut lima jenis tanaman berdaun kuning yang cocok hiasi taman, dilansir dari Gardening Know How.

1. Hosta

Sebetulnya tanaman hosta memiliki warna beragam namun tergantung dengan varietas. Umumnya hosta menghasilkan daun berwarna biru, kuning kehijauan, hijau zamrud dan masih banyak lagi. 

Tanaman hosta sangat minim perawatan, sangat cocok untuk menghiasi taman di rumah. Tanaman ini memiliki dedaunan yang rimbun sehingga akan tumbuh baik jika diletakkan di tempat yang terkena matahari langsung. 

2. Tanacetum vulgare 'Isla Gold'

Tanaman kuning yang satu ini bentuknya merupai renda yang membentuk gundukan halus. Tanaman ini dikenal dengan daun emas tansy, tampilannya seperti daun pakis yang berwarna kuning cerah. 

Tanaman ini biasanya berkembang biak dari biji atau rizoma. Ia akan tumbuh tinggi hingga satu meter. Uniknya tanaman ini bisa berkembang bebas di wilayah manapun. Selain itu merawat tanaman ini tidak terlalu sulit, karena perawatan yang terbilang minim.

3. Rumput hutan Jepang

Hakonechloa macra aureola lebih dikenal sebagai rumput hakone atau rumput hutan jepang adalah rumput hias yang memiliki warna kuning kehijauan.

Tanaman ini cocok untuk menghiasi taman di rumah. Tinggi tanaman ini mencapai 45 hingga 61 cm, bentuknya melengkung dengan bilah daun datar dan panjang. 

Tanaman ini tumbuh dengan lambat, namun setelah terbentuk ia membutuhkan sedikit perawatan ekstra. Karena tanaman ini membutuhkan perawatan ekstra, kamu bisa menaruhnya di tempat teduh. Sebab jika ditaruh di tempat yang terkena matahari langsung akan merubah warna daunnya dari kuning menjadi putih.

4. Acuba Jepang

Tanaman acuba jepang ini merupakan jenis semak cemara yang bisa tumbuh tinggi setinggi dua hingga tiga meter. Tanaman ini memiliki daun berwarna-warni, hijau dan kuning emas. 

Acuba jepang tidak butuh terlalu sering dipangkas, sebab ia memiliki pertumbuhan yang lambat. Namun dalam kondisi tertentu tanaman ini perlu dibersihkan dengan cara memotong daun dan ranting berpenyakit.

5. Vinca minor aurovariegata

Selanjutnya ada vinca minor aurovariegata merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai penutup tanah. Tanaman ini memiliki warna hijau tua pada daunnya dengan tepi daun kuning yang tidak beraturan, bentuknya bulat seperti telur.

Meskipun tanaman hias ini berwarna kuning, tetapi ia menghasilkan bunga berwarna biru. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik di tempat yang teduh dan bertanah asam. Namun tanaman ini tetap bisa tumbuh subur di berbagai kondisi tanah dan sinar matahari.

Video Terkait