Buah Belimbing Miliki Manfaat yang Melimpah, tapi Penderita Gangguan Penyakit Ini Wajib Menghindari

Belimbing Sembiring (Bacaterus)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 29 Desember 2021 | 17:40 WIB

Sariagri - Buah belimbing merupakan salah satu buah dengan bentuk unik. Bagaimana tidak, buah ini berbentuk seperti bintang. Namun untuk penderita gangguan ginjal sebaiknya menghindari konsumsi belimbing.

Soal rasa sudah tidak perlu diragukan lagi, buah belimbing  memiliki rasa manis dengan sedikit asam. Dagingnya renyah dan mengandung banyak air, sangat cocok dikonsumsi pada saat panas.

Buah belimbing sendiri mengandung vitamin C, serat dan tinggi antioksidan. Senyawa antioksidan pada buah satu ini sangat baik untuk kesehatan. Belimbing juga mengandung zat seperti quercetin, asam galat dan epikatekin.  

Belimbing juga tinggi akan serat, dimana serat tersebut dapat membantu darah menyerap glukosa dan menyeimbangkan kadar gula darah. Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa gula dalam buah belimbing dapat mengurangi peradangan. 

Tak hanya itu, belimbing juga mengandung serat larut tak larut. Serat tak larut tersebut membantu makanan lebih mudah dicerna, dan melancarkan saluran pencernaan. Sedangkan serat larut dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Dibalik khasiat buah belimbing yang melimpah, ternyata buah belimbing tidak boleh dikonsumsi oleh penderita gangguan ginjal. Kira-kira apa ya penyebabnya?

Melansir dari healthline, buah belimbing mengandung tinggi oksalat yang bisa menyebabkan efek samping yang buruk bagi sebagian orang. Terutama pada penderita gangguan ginjal harus menghindari konsumsi buah belimbing. 

Pasalnya saat mengkonsumsi belimbing akan menyebabkan kerusakan ginjal serta keracunan. Hal itu dapat menyebabkan masalah neurologis seperti kebingungan, kejang hingga kematian. 

Baca Juga: Buah Belimbing Miliki Manfaat yang Melimpah, tapi Penderita Gangguan Penyakit Ini Wajib Menghindari
Ini Risiko Penyakit yang Terjadi saat Makan Buah Setelah Jam 4 Sore

Belimbing juga mengandung zat beracun yang disebut sebagai neurotoksin. Bagi para penderita gangguan ginjal tidak dapat memproses dan mengeluarkan racun tersebut dari dalam tubuh. 

Tapi tak perlu khawatir, sebab pada orang dengan ginjal normal, racun tersebut dapat dikeluarkan sendiri oleh tubuh. Apabila zat toksin ini berada dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit serius terutama untuk penderita gangguan ginjal.