6 Trik Jitu agar Tanaman Mawar Cepat Berbunga Cantik dan Indah

Ilustrasi bunga mawar. (Pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 31 Desember 2021 | 16:00 WIB

Sariagri - Tanaman mawar merupakan salah satu tanaman populer dan banyak digemari masyarakat. Tak heran jika para pecintanya rela meluangkan waktu mereka, agar bisa merawat tanaman ini terus berbunga. 

Pasalnya, bunga mawar identik dengan simbol cinta dan kesetiaan. Bentuk dan warnanya yang cantik pun seakan menambah keunikan tanaman hias ini. 

Bagi Sobat Agri yang ingin memeliharanya, yuk simak tips merawat tanaman mawar agar bisa terus berbunga:

Sinar matahari yang cukup

Setiap tanaman harus mendapatkan sinar matahari yang cukup. Begitu pula yang terjadi dengan bunga mawar. Sinar matahari yang cukup sangat diperlukan agar tanaman dapat melakukan proses fotosintesisnya dengan baik.

Pupuk yang sesuai

Berikan pupuk sesuai kebutuhannya. Biasanya tanaman mawar sangat cocok apabila diberikan dengan pupuk kandang atau pupuk alami dari kotoran hewan.

Tak lupa disiram

Jangan malas untuk menyiram. Ketika cuaca panas, tanaman ini harus disiram 2 kali, yakni pagi dan sore. Namun apabila cuaca tidak panas, cukup lakukan penyiraman 1 kali saja setiap harinya di pagi hari.

Semprot daun dan bunga setelah hujan

Apabila tanaman mawar terkena langsung siraman air hujan, sebaiknya kamu semprot bagian daun dan bunga dengan air biasa setelah hujan reda. Hal ini dilakukan karena air hujan sifatnya cukup keras bagi tanaman ini, sehinga bunga mawar tidak cepat rusak.

Baca Juga: 6 Trik Jitu agar Tanaman Mawar Cepat Berbunga Cantik dan Indah
Jangan Sampai Salah Langkah, Begini Cara Merawat Tanaman di Musim Hujan

Beri Insktisida atau fungisida

Insektisida dan fungisida sangat berguna agar tanaman tidak diserang hama yang dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat. Lakukan hal ini minimal sebulan sekali dan maksimal dua minggu sekali ketika musim kemarau tiba.

Potong tangkai mawar

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar tanaman mawar cepat berbunga besar adalah dengan memotong tangkainya. Pemotongan ini bertujuan untuk merangsang tumbuhnya tunas baru, di mana nantinya akan menghasilkan kualitas bunga yang jauh lebih baik.

Video Terkait