Coba Tanam di Rumah, Ini 5 Tanaman yang Ampuh Basmi Nyamuk

Ilustrasi nyamuk menghisap darah (Pexels)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 31 Desember 2021 | 18:40 WIB

Sariagri - Nyamuk merupakan salah satu serangga yang keberadaanya sangat mengganggu, ia bisa menyebabkan penyakit berbahaya. Seperti demam berdarah, cikungunya hingga malaria yang bisa terjadi pada tubuh manusia.

Berbagai cara dilakukan untuk membasmi nyamuk-nyamuk di rumah. Bahkan ada obat pembasmi nyamuk yang sering kali digunakan oleh masyarakat.

Namun penggunaan obat nyamuk dapat menimbulkan masalah pada pernafasan dan kulit. Baik obat nyamuk bakar, oles, ataupun semprot. Sebetulnya kamu tidak perlu menggunakan obat nyamuk yang berisiko membahayakan kesehatan.

Sekarang kamu bisa buang jauh-jauh obat nyamuk lama yang kamu gunakan dan menggantinya dengan tanaman pembasmi nyamuk.

Berikut Ini 5 tanaman yang ampuh untuk basmi nyamuk, melansir dari American Home Shield:

1. Serai

Citronella adalah bahan alami yang biasa ditemukan dalam obat nyamuk, seperti lilin ataupun bakar. Aroma pekat dari tanaman serai ini akan menimbulkan wewangian yang sangat tidak disukai nyamuk. Secara otomatis ia akan menjauh dari rumah yang memiliki aroma citronella atau sereh. 

2. Bee balm

Bee balm dikenal juga dengan horsemint, tanaman yang satu ini ampuh mengusir nyamuk. Tanaman ini tumbuh di lahan dan tanah  kering oleh karena itu ia tumbuh daerah di timur tengah. 
Tanaman berbunga ini memiliki aroma yang mampu menarik lebah dan kupu-kupu. Aroma bee balm cukup kuat seperti dupa, sehingga tanaman ini ampuh untuk mengusir nyamuk.

3. Ageratum

Tanaman ageratum merupakan tanaman yang hidup di dataran rendah. Ageratum memiliki bunga yang berwarna merah muda, putih, ungu dan biru warnanya yang cantik bisa membuat orang suka. Namun berbeda dengan nyamuk yang membenci tanaman ini. Sebab tanaman ini mampu mengeluarkan coumarin, yaitu senyawa yang biasa ditemukan pada obat nyamuk di pasaran.

4. Marigold 

Obat nyamuk dan obat serangga biasanya mengandung pyrethrum. Bau khas dari marigold ini sebetulnya tidak menyenangkan untuk manusia. Namun marigold ini bisa dijadikan tanaman pengusir nyamuk yang cukup ampuh. Kamu bisa menaruh tanaman marigold ini di dekat pintu, tetapi harus berhati-hati, sebab warnanya yang cerah dapat menarik perhatian tawon.

5. Catnip

Sebuah studi menemukan bahwa catnip bisa mengusir nyamuk sepuluh kali lebih efektif dibanding dengan diethyl-meta-toluamide atau DEET. Senyawa DEET adalah yang paling sering digunakan di beberapa obat nyamuk.

Untuk meningkatkan efektivitasnya, beberapa orang menggosokkan daun yang sudah dihancurkan. Atau bisa juga menggunakan minyak catnip langsung ke kulit untuk terlindungi dari gigitan nyamuk.
Itulah beberapa rekomendasi tanaman yang bisa membasmi nyamuk. Sudah saatnya kamu mengganti obat nyamuk dengan tanaman pembasmi nyamuk. Sebab tanaman ini lebih baik penggunaannya dibanding obat nyamuk. 

Video Terkait



Baca Juga: Coba Tanam di Rumah, Ini 5 Tanaman yang Ampuh Basmi Nyamuk
Tips Agar Tanaman Hias Tidak Layu, Begini Cara Mengatasi dan Mendeteksi Kerusakannya