Tidak Semua Mati, Ternyata Ada Tanaman yang Masih Mekar di Musim Dingin

Ilustrasi tumbuhan yang tetap mekar saat musim dingin. (Foto Pxhere)

Editor: M Kautsar - Senin, 3 Januari 2022 | 11:15 WIB

Sariagri - Hari-hari menjadi lebih pendek, suhu turun, salju turun. Banyak pohon telah menjatuhkan daunnya sekarang. Dan sebagian besar tanaman sudah tidak tumbuh, beristirahat sampai cuaca dingin mereda. Tapi tidak semua tanaman. Ada beberapa yang mekar bahkan selama bulan-bulan terdingin.

Berikut tanaman-tanaman yang tetap mekar dan indah meski tanah bersalju seperti dirangkum oleh Modern Farmer,

Chionodoxa

Chionodoxa sering disebut sebagai Glory of Snow. Ini karena ketika tanaman tumbuh, kelopaknya yang berbintang akan menyembul melalui salju. Bunganya mekar dalam nuansa biru, merah muda atau putih. Sebagai umbi, chionodoxa memiliki risiko pembusukan yang lebih tinggi jika tumbuh di tanah yang terlalu lembab.

Itu berarti perlu memastikan di mana pun menanamnya harus memiliki drainase yang baik. Salah satu cara untuk meningkatkan daya serap tanah adalah dengan mencampurkan kompos atau campuran daun dari halaman.

Jika ingin menanamnya, disarankan di taman batu atau di perbatasan depan taman, idealnya di musim gugur. Bunganya tumbuh menjadi hanya kurang dari enam inci. Perawatannya relatif mudah dan dapat berkembang dengan baik di bawah sinar matahari penuh atau sebagian. Bonus tanaman ini juga tahan terhadap rusa dan kelinci.

Galanthus

Galanthus yang juga snowdrop adalah bunga seperti lonceng yang tumbuh setinggi enam hingga 10 inci. Tanaman tahunan ini menikmati musim dingin yang dingin hingga sedang dan bahkan akan tumbuh di antara salju. Satu bonus adalah bahwa mereka adalah tanaman bebas hama, sebagian besar tidak populer dengan kelinci, rusa, tupai, dan tikus.

Snowdrop juga tidak memerlukan penyiangan dan dapat tumbuh di semua jenis tanah (kapur, tanah liat, lempung, pasir, dll.) Dengan tingkat pH yang bervariasi, tetapi pilihlah tempat yang memiliki tanah yang lembab serta memiliki drainase yang baik. Tanaman ini juga menyukai naungan, jadi setiap tempat di bawah pohon atau semak atau di sepanjang sisi rumah adalah pilihan yang ideal.

Perlu dicatat bahwa snowdrops beracun saat tertelan, jadi berhati-hatilah atau jangan menanamnya jika memiliki hewan peliharaan atau anak kecil.

Mahonia

Mahonia atau winter sun menumbuhkan gantang bunga kuning harum dari November hingga Maret. Semak ini dapat tumbuh hingga 10 kaki dan memiliki reputasi sebagai tanaman dengan pemeliharaan yang relatif mudah.

Sejumlah tukang kebun yang menanam ini mengatakan bahwa sering kali jamur karat akan muncul. Diarankan menanamnya di musim gugur sebelum musim salju. Tumbuh di semua jenis tanah, tetapi lebih menyukai tanah dengan tingkat keasaman yang lebih tinggi. Winter Sun dapat tumbuh di tempat teduh penuh atau sebagian.

Jika ingin dedaunan terlihat penuh, pangkas ujung tanaman di awal musim semi. Mahonia biasanya ditanam di tepian dan lereng, yang dapat membantu melawan erosi dan memperlambat aliran air.

Winterberry

Semak ini menghasilkan buah beri merah meriah yang banyak diasosiasikan dengan musim liburan. Untuk mendapatkan tanaman yang menumbuhkan buah hias di cabangnya, harus memastikan memiliki tanaman jantan dan betina agar penyerbukan terjadi. Secara umum, satu tanaman jantan dapat menyerbuki hingga 10 tanaman betina. Akhir musim panas atau awal musim gugur adalah waktu tanam terbaik.

Tinggi tanaman berkisar antara tiga hingga 15 kaki. Winterberry tumbuh dengan baik di tanah asam, lempung atau tanah liat yang memiliki jumlah bahan organik yang tinggi. Ini juga dapat ditanam di bawah sinar matahari penuh atau teduh parsial.

Winterberry juga mentolerir tanah yang dikeringkan dengan buruk dan kondisi berawa. Dikomendasikan pemangkasan tanaman ini di awal musim semi, tepat sebelum periode pertumbuhan baru.

Witch hazel

Ini adalah semak dengan cabang yang panjang dan tipis. Bunganya yang berwarna kuning cerah biasanya mekar pada bulan Februari atau Maret. Daun, kulit kayu dan ranting secara tradisional telah digunakan untuk membuat obat untuk mengobati berbagai penyakit.

Baca Juga: Tidak Semua Mati, Ternyata Ada Tanaman yang Masih Mekar di Musim Dingin
Mesin Penjual Otomatis di Jepang Tawarkan Produk Tomat dengan Kandungan Gula Bervariasi



Tanaman ini tumbuh pada ketinggian mulai dari sembilan hingga 20 kaki. Namun, jika ingin membuatnya lebih kecil, bisa memangkasnya setelah selesai mekar.

Witch hazel akan tumbuh di daerah yang sedikit teduh, tetapi lebih menyukai sinar matahari penuh. Witch hazel menyukai tanah yang lembab dan sedikit asam (antara pH 4,5 dan 6,5) dengan drainase yang baik. Terkadang jamur bercak karang bisa menjadi masalah dengan tanaman ini.

 

Video Terkait