Mampu Lawan Obesitas, Ini Manfaat Kayu Manis

Ilustrasi kayu manis. (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 4 Januari 2022 | 19:20 WIB

Sariagri - Kayu manis merupakan salah satu rempah yang sering ditambahkan dalam berbagai makanan sebagai penyedap rasa. Bukan hanya menu masakan utama, kayu manis juga tidak jarang dicampurkan ke dalam adonan kue untuk menambah aroma harum dan sedap. 

Bahkan tidak jarang batang atau bubuk kayu manis dibuat menjadi minuman herbal yang dapat menghangatkan tubuh. Tidak sekedar menghangatkan tubuh, sajian minuman yang menggunakan bahan kayu manis ternyata mempunyai beberapa khasiat lain yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Beberapa kandungan yang terdapat dalam kulit batang kayu manis bahkan mampu mengobati berbagai penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga kronis.

Bukan hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam kayu manis juga sangat berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan manfaat ini dapat menghindarkan tubuh dari serangan berbagai bakteri, kuman dan virus penyebab penyakit.

Peneliti dari University of Michigan mengungkapkan bahwa ada cara melawan obesitas dengan menggunakan kayu manis. Kayu manis diyakini memiliki segudang manfaat guna menambahkan metabolisme tubuh, melawan obesitas, hingga mencegah hiperglikemia.

Kayu manis sendiri juga dapat diolah sebagai bumbu makanan sehat kita sehari-hari. Kunci kekuatan kayu manis berada pada minyak esensialnya, tempat aroma khas kayu manis berasal.

“Kami menemukan senyawa ini dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Jadi, kami ingin mengetahui bagaimana cara senyawa ini bekerja di dalam sel tubuh,” kata Jun Wu, peneliti.

Jun dan rekan peneliti menerapkan cinnamaldehyde secara langsung pada sel lemak manusia, adipocytes. Sel lemak akan segera menanggapi pengobatan dengan meningkatkan ekspresi beberapa gen dan enzim yang meningkatkan metabolisme lipid.

Baca Juga: Mampu Lawan Obesitas, Ini Manfaat Kayu Manis
Mengenal Daun Binahong yang Mampu Atasi Jerawat Sampai ke Akar-akarnya

Intinya, zat pada kayu manis mampu menginduksi sel lemak dan membakar energi yang tersimpan. Membantu mencegah mekanisme biologis yang menyebabkan badan jadi gemuk atau obesitas.

Belum jelas mekanismenya seperti apa, jadi peneliti tetap harus berhati-hati dalam menentukan dosis kayu manis untuk menetralkan jumlah kalori dalam tubuh. Namun, Bukan berarti kamu bisa sepuasnya melahap roti kayu manis sebagai upaya untuk mengurangi berat badan.

Video Terkait