Perlu Dicoba, Ini 3 Jenis Terung Menyehatkan yang Ada di Indonesia

Ilustrasi terong. (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 4 Januari 2022 | 15:50 WIB

Sariagri - Terung merupakan sayuran yang masuk ke dalam keluarga tumbuhan nightshade. Meskipun sering dianggap sebagai sayuran, secara teknis terung adalah buah, karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung biji.

Terung menjadi salah satu sayuran yang banyak digemari orang, salah satunya karena mudah untuk diolah. Mau dimasak bumbu balado atau dipanggang dengan bumbu tomat saja, terung enak untuk menjadi menu santapan keluarga.

Bentuknya menyerupai tetesan air ini pada umumnya berkulit licin dan mengkilap, sedangkan daging buahnya hampir seperti gabus atau spon dengan biji-biji kecil yang banyak jumlahnya.

Terung memiliki beragam jenis yang bervariasi dalam ukuran dan warna. Berdasarkan sebuah jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, sementara terung dengan kulit ungu tua adalah yang paling umum, warnanya bisa merah, hijau atau bahkan hitam.

Meski negara asal terung dari India dan Sri langka. Di Indonesia sendiri terdapat 3 jenis terung yang sudah populer, yakni terung telunjuk, terung ungu dan terung pipit.

Terung Ungu

Paling dikenal oleh masyarakat Indonesia. Warna ungu di terung ini punya banyak keunggulan di bidang kesehatan. 

Misalnya saja, terung ungu bisa mencegah kanker, berfungsi sebagai antioksidan, dapat menurunkan kadar gula darah, baik untuk pasien jantung, mampu menurunkan tingkat kolesterol, mencegah stroke serta mengandung berbagai macam vitamin untuk tubuh. 

Selain itu, terung ungu bisa mencegah anemia dan mencegah penyakit gondok serta infertilitas.

Terung Pipit

Disebut juga sebagai terung mini karena ukurannya yang sangat kecil dibandingkan terung jenis lain. terung pipit berbentuk bulat kecil dan hijau. Kandungan zat besi serta vitamin A, C dan B1 di terung pipit bisa menyehatkan mata. Selain itu, terung pipit juga mengandung protein, lemak, protein, karbohidrat dan fosfor yang berguna bagi tubuh.

Baca Juga: Perlu Dicoba, Ini 3 Jenis Terung Menyehatkan yang Ada di Indonesia
Agar Tak Bingung, Kenali 4 Tanda Jamur Beracun

Terung Telunjuk

Bentuknya mirip dengan jari telunjuk, terung jenis ini banyak terdapat di Pulau Sumatra. Kandungan protein terung telunjuk berfungsi untuk pertumbuhan tubuh. Sementara karbohidrat yang dimiliki terung bisa dipakai sebagai sumber energi.

Terung telunjuk juga memiliki kandungan serat yang mampu mencegah sembelit. Selain itu, kandungan kalsium pada terung telunjuk bisa menguatkan tulang dan gigi. Air rebusan terung telunjuk bisa diminum untuk meredakan batuk.

Video Terkait