Selain Buat Masak, Buah Asam Bisa Merawat Kecantikan Lho!

Ilustrasi Asam Jawa. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 4 Januari 2022 | 18:20 WIB

Sariagri - Indonesia memiliki banyak sekali jenis tanaman bermanfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu diantaranya adalah asam Jawa. Walaupun banyak orang yang beranggapan bahwa asam Jawa adalah buah, ternyata asam Jawa termasuk dalam jenis polong-polongan.

Selain fakta tersebut, ternyata ada banyak sekali manfaat asam Jawa yang belum diketahui masyarakat banyak. Di Indonesia, asam Jawa biasa dimanfaatkan untuk banyak hal berbeda. Mulai dari bahan utama olahan masakan hingga diolah menjadi minuman jamu yang menyegarkan.

Karena bisa dimanfaatkan menjadi banyak hal, asam Jawa menjadi sangat populer bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Namun buah asam nyatanya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari boldsky.com, asam atau tamarin mengandung vitamin seperti vitamin C, antioksidan, karoten, serta mineral seperti magnesium dan potasium. Selain untuk kesehatan dan bumbu masakan, buah asam juga berguna untuk perawatan kecantikan. Inilah beberapa manfaat buah asam untuk kecantikan.

Mengatasi Jerawat

Campuran masker buah asam, bubuk kunyit, dan yoghurt segar dapat digunakan untuk mengatasi jerawat.  Oleskan ke wajah lalu biarkan hingga mengering dan bilas. Selain mengatasi jerawat, campuran ini juga dapat membantu kulit bercahaya.

Baca Juga: Selain Buat Masak, Buah Asam Bisa Merawat Kecantikan Lho!
Jangan Buang! Konsumsi Biji Semangka dan Rasakan Hal Positif Ini Pada Tubuh

Mencegah Rambut Rontok

Kamu bisa mempunyai rambut kuat dengan memanfaatkan buah asam. Caranya dengan  merendam buah asam dalam air.  Kemudian gunakan rendaman air asam tersebut untuk mencuci rambut. Lakukan minimal dua kali seminggu untuk mencegah kerontokan pada rambut.

Mengatasi Selulit

Lumatkan buah asam yang segar dengan campuran gula pasir, dan baking soda untuk mengatasi kulit selulit. Lalu oleskan ke permukaan kulit dan sembari digosokkan. Lakukan secara rutin untuk mengikis tampilan selulit di kulit secara berkala.

Video Terkait