Menyulap Ampas Kopi dan Kulit Jeruk Jadi Penutup Lampu Super Unik

Penutup lampu ramah lingkungan dan ampas kopi dan kulit jeruk. (Biohm)

Editor: Dera - Rabu, 5 Januari 2022 | 15:00 WIB

Sariagri - Sebuah perusahaan startup biotek dan biomanufkatur asal Inggris, menciptakan penutup lampu ramah lingkungan yang berasal dari 100 persen sekam kopi dan kulit jeruk. Penutup lampu yang diberi nama Obsecure tersebut merupakan keluaran Biohm, perusahaan yang konsisten menggunakan sisa limbah sebagai produk sampingan.

Melansir Inhabitat.com, Biohm adalah salah satu perusahaan rintisan yang terus berupaya mengurangi penggunaan plastik dan menggantinya dengan berbagai produk ramah lingkungan yang berasal dari limbah.

Ehab Sayed, pendiri dan direktur inovasi di Biohm,mengatakan bahwa kap lampu tersebut menggunakan bahan yang mereka sebut Orb, atau senyawa organik sampah yang digunakan untuk menggabungkan bioproduk makanan dan pertanian dengan pengikat nabati.

Orb dapat dicetak atau dibentuk menjadi lembaran untuk membuat produk seperti kap lampu. Penutup Lampu Obscure adalah buatan tangan sesuai permintaan di kantor pusat Biohm di London.

Baca Juga: Menyulap Ampas Kopi dan Kulit Jeruk Jadi Penutup Lampu Super Unik
Para Ilmuwan Sulap Limbah Jeruk Jadi Kayu Transparan

Proses produksi telah dirancang untuk loop tertutup tanpa aliran limbah atau produk sampingan dan akan beroperasi sesuai permintaan untuk menghindari limbah tambahan dari produksi berlebih.

Hal paling keren tentang Penutup Lampu Obscure adalah mereka dapat dikomposkan secara dingin atau didaur ulang kembali ke dalam proses produksi Orb yang sama untuk membuat produk baru.

Video Terkait