Tips Ampuh! Begini Cara Agar Buah dan Sayur Awet Selama Bertahun-tahun

Ilustrasi sayuran (Pexels)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 7 Januari 2022 | 17:50 WIB

Sariagri - Sampah adalah material sisa yang sudah tidak diinginkan dan tidak dimanfaatkan lagi. Ada banyak sekali jenisnya, salah satunya yakni sampah makanan. Mungkin ada beberapa makanan yang seharusnya masih bisa kita konsumsi, tapi malah kamu buang secara sia-sia.

Dasarnya, manusia adalah produsen sampah terbesar di muka bumi. Perilaku masyarakat yang konsumtif membuat produksi sampah kian hari kian meningkat. Oleh karenanya, saat ini gerakan zero waste sedang gencar digalakan. Selain dapat meminimalkan sampah, kita juga tidak akan lagi membuang-buang makanan.

Jadi penting untuk menjaga makanan yang kalian miliki selama mungkin. Terkadang, yang diperlukan hanyalah mengetahui cara menyimpannya dengan benar. Sushi diciptakan sebagai cara untuk menjaga agar ikan dapat dimakan lebih lama.

Melansir dari Bright Side, membantu untuk memberikan informasi makanan yang dapat bertahan lama dengan cara penyimpanan yang benar.

Begini Cara Agar Buah dan Sayur Awet Selama Bertahun-tahun

Berry: Cuci dan bekukan

Buah beri bisa menambah rasa pada banyak hidangan dan bisa membuat smoothie yang enak dalam keadaan darurat, tetapi mereka tidak bertahan terlalu lama. Satu pengecualian adalah buah beku yang bisa bertahan sekitar satu tahun.

Saat membekukan beri, mereka harus dibersihkan dalam air dingin dan dikeringkan untuk menghindari pembusukan. Masukkan ke dalam kantong plastik sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

Sayuran: Acar

Membekukan bukanlah satu-satunya cara untuk mengawetkan sayuran. Pengawetan mereka juga merupakan cara klasik untuk menjaga agar makanan lebih tahan lama dari biasanya.

Semua jenis sayuran dapat diasinkan, mentimun yang paling terkenal, yang hanya dikenal sebagai "acar" yang umumnya bertahan sekitar 2 tahun. Tomat acar dapat bertahan hingga satu bulan. Simpan saja sayuran dalam campuran cuka, air, dan garam dan terkadang gula secukupnya.

Wortel: Buat menjadi keripik

Wortel adalah sayuran yang disukai banyak orang untuk dimasak, tetapi ada cara untuk membuatnya lebih lama. Potong wortel dan keringkan menjadi keripik. Setelah mengalami dehidrasi, mereka dapat bertahan hingga 25 tahun.

Apel: Keringkan

Saat berbuah, apel bisa bertahan lama terutama setelah dibuat menjadi keripik, tepatnya lebih dari 20 tahun. Iris apel dan masak dalam dehidrator. Simpan dalam kantong plastik tertutup atau toples dan kaleng kedap udara.

Baca Juga: Tips Ampuh! Begini Cara Agar Buah dan Sayur Awet Selama Bertahun-tahun
Jangan Dibuang! Sampah Dapur Bisa Disulap Jadi Pupuk Organik

Biji-bijian: Simpan di dalam kaleng

Bijian bersifat serbaguna, mereka bisa menjadi hidangan utama, topping, atau pelengkap. Menyimpannya dalam kaleng akan membantu mereka bertahan selama 3 hingga lima tahun. Untuk kacang kaleng, rebus selama 2 menit, angkat dari api, dan rendam selama satu jam sebelum dikeringkan.

Tutupi dengan air segar dan rebus selama 30 menit. Tambahkan garam dan masukkan ke dalam toples dengan air rebusan, sisakan sekitar 1 inci dari ruang kepala.

Video Terkait