Minum Air Rebusan Kembang Sepatu, Kamu Bisa Rasakan Sejuta Manfaat Lho

Ilustrasi bunga sepatu. (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 7 Januari 2022 | 16:20 WIB

Sariagri -  Bagi kamu yang suka akan tanaman hias mungkin sudah tidak asing lagi dengan kembang sepatu. Pasalnya, bagi mereka yang gemar akan tanaman hias biasanya akan menaruh kembang sepatu sebagai hiasan di pekarangan rumahnya. 

Pemilihan kembang sepatu karena dinilai memiliki bentuk yang cantik serta mudah merawatnya. Warna nya yang merah menyala bisa membuat pemandangan di rumah menjadi tampak indah.

Namun, tahukah kamu jika tanaman cantik yang berasal dari Asia Timur ini tidak hanya menjadi hiasan saja? Beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan juga bisa kamu dapatkan jika rutin meminum teh hibiscus. 

Teh hibiscus adalah teh herbal yang dibuat dari kembang sepatu yang sudah dikeringkan atau kamu juga bisa merebusnya langsung lalu diminum.

Manfaat Kembang Sepatu

Menurut dari hasil penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition, menemukan bahwa minum teh hibiscus dapat menurunkan tekanan darah. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Hibiscus rosa-sinensis ini diyakini memiliki senyawa yang dapat bermanfaat unutk anti inflamasi, diuretic, analgesic, ekspektoran, batuk, demam (obat luar).

Selain itu, manfaat lain dari teh hibiscus juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Alternative and Complementary Medicine. Menariknya, dalam penelitian tersebut para peneliti juga menemukan bahwa teh hibiscus dalam membantu menurunkan berat badan. 

Mengutip dari penelitian yang diterbitkan dalam Food Chemistry, kembang sepatu sudah dikenal lama jadi salah satu bunga yang bisa diolah untuk pengobatan herbal. Satu cangkir teh kembang sepatu tidak mengandung kalori. Dengan begitu sangat cocok untuk kamu yang ingin turunkan berat badan.

Cara membuat air rendaman ataupun teh kembang sepatu, mudah kok.

Pertama, siapkan kembang sepatu tiga kuncup dan air hangat 200 ml. Kedua, bersihkan kembang sepatu. Lalu, rendam dan diamkan semalam di tempat yang tertutup.

Kamu bisa juga merebus kembang sepatu dan diamkan hingga 15 sampai 20 menit.

Kemudian saring, ambil 100ml dan tambahkan satu sendok madu atau lemon (sesuai selera).

Video Terkait