Apa Benar Kemiri Bisa Hilangkan Uban di Rambut?

Ilustrasi kemiri (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 10 Januari 2022 | 17:30 WIB

Sariagri -Nama kemiri pasti sudah tidak asing di telinga banyak orang. Tumbuhan berbiji ini merupakan bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak.

Namun, kemiri memiliki fungsi lain selain sebagai bumbu masak. Kandungan nutrisi di dalamnya memang bagus untuk kesehatan dan kecantikan.

Apa benar kemiri dapat hilangkan uban pada rambut? Jawabannya benar. Melansir sejumlah sumber, kemiri kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Sedangkan minyak kemiri memiliki manfaat untuk rambut.

Dalam 100 gram kemiri dapat ditemukan 80 miligram kalsium, 200 mg fosfor, 430 mg kalium, 2 mg zat besi, 0,8 mg zinc, 0,06 mg vitamin B1, 0,06 mg vitamin B2, serat, karbohidrat, protein, lemak serta berbagai jenis asam lemak seperti asam oleat, asam linoleat dan asam linolenat.

Kandungan vitamin B, zat besi, zinc dan protein dalam minyak kemiri berperan untuk mencegah kerontokan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Selain itu juga dapat melembapkan rambut.

Baca Juga: Apa Benar Kemiri Bisa Hilangkan Uban di Rambut?
Cukup Mudah, Begini Tips Panen dan Mengeringkan Daun Oregano

Tidak hanya itu, minyak kemiri juga dapat menghitamkan rambut dan menghilangkan uban. Cara mendapatkan minyak kemiri secara alami pun cukup mudah yaitu dengan menyangrai kemiri lalu haluskan hingga keluar minyaknya.

Kemudian oleskan minyak tersebut ke seluruh rambut hingga merata dan diamkan selama 15 menit hingga meresap. Setelah itu cucilah rambut dengan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan hal tersebut secara berkala. Rambut pun akan berkilau dan jauh dari uban.

Video Terkait