Tanaman Pecut Kuda, Tumbuhan Liar yang Memiliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Ilustrasi tanaman pecut kuda (Istimewa)

Penulis: Rashif Usman, Editor: M Kautsar - Senin, 10 Januari 2022 | 17:15 WIB

Sariagri - Sebagian besar orang mungkin belum familiar dengan tanaman pecut kuda. Tanaman ini merupakan tumbuhan liar yang bisa ditemukan di pinggir jalan, semak atau dekat perkebunan.

Sejumlah negara menganggap bahwa tanaman pecut kuda termasuk ke dalam tumbuhan hama atau gulma. Sebab, keberadaannya kerap mengganggu pertumbuhan tanaman lain yang sedang ditanam.

Tanaman pecut kuda bisa tumbuh dengan ketinggian antara 1 sapai 3 meter dengan daun yang berwarna hijau. Daun tanaman tersusun secara berlawanan dengan batang utama. Sementara tepi daun bergerigi kecil dan permukaan daun mempunyai tekstur berkerut

Pecut kuda merupakan tanaman yang bisa berbunga sepanjang tahun, namun ada periode tertentu jumlah bunga lebih sedikit. Warna bunga tanaman ini adalah ungu atau ungu kebiruan, bentuk bunganya juga termasuk cantik.

Manfaat Tanaman Pecut Kuda

Tanaman pecut kuda atau memiliki nama latin Stachytarpheta jamaicensis termasuk dalam genus Stachytarpheta. Meski dianggap sebagai tumbuhan hama atau gulma di sejumlah negara, siapa sangka tanaman ini banyak memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Tanaman Pecut Kuda, Tumbuhan Liar yang Memiliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan
Ini Jenis Tanaman yang Diprediksi jadi Incaran di Tahun 2022

Mengutip dari berbagai sumber, tanaman pecut kuda memiliki kandungan kimia berupa alkaloid dan glikosa yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Kandungan tersebut dapat mengobati penyakit amandel, radang tenggorkan, batuk, dan hepatitis A.

Selain itu, tanaman pecut kuda juga bisa mengobati infeksi kencing batu, keputihan, haid tidak teratur dan rematik. Adapun bagian tanaman pecut kuda yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan adalah bunga, akar, dan daun.