Festival Bonsai Nasional Upaya Desa Giriawas Garut Bangkitkan Ekonomi Petani

Festival bonsai di Garut, Jawa Barat (Jabar).(Dok.Sariagri/Jayadi)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 11 Januari 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Untuk membangkitkan perekonomian masyarakat desa, Pemerintah Desa Giriawas, Kecamatan Cikajang, Garut, Jawa Barat (Jabar) bakal menggelar event kejuaraan bonsai tingkat nasional bulan depan.

“Kegiatannya sekitar tanggal 19-27 Februari mendatang mendekati perayaan puncak Hari Jadi Garut (HJG),” ujar Kepala Desa Giriawas, Dindin Mauludin.

Menurut dia, pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung dua tahun terakhir, cukup memukul perekonomian masyarakat yang mayoritas sebagai petani dan penggarap kebun itu.

“Alhamdulillah komunikasi sama bupati sudah dilakukan dan responnya positif dalam upaya membangkitkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Untuk mendongkrak minat kolektor datang, panitia telah berkomunikasi dengan seluruh ketua komunitas pecinta bonsai, baik tiap kabupaten/kota hingga provinsi.

Rencananya, panitia lomba menargetkan hingga 1.200 pohon bonsai dari dan luar Jabar, dalam berbagai ukuran selama kontes sepekan itu.

“Kebetulan kami punya pohon bonsai pusaka yang cukup digemari pecintai bonsai dan tetap dijaga hingga kini,” katanya.

Saat ini beberapa peserta mulai pemula hingga pencinta bonsai senior sudah mulai mendaftar untuk kegiatan yang nantinya akan menerapkan aturan protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19.

“Bonsai ini tidak seperti yang lain, yang datang tidak bergerombol hanya pohon bonsainya saja yang kami nilai,” katanya.

Dindin menambahkan, melalui kontes bonsai diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar, terutama dengan banyaknya transaksi di kalangan kolektor bonsai.

“Harga bonsai tertinggi itu ada yang mencapai hingga Rp18 miliar,” tambahnya.

Dengan banyaknya kolektor yang datang baik dalam negeri maupun luar negeri, semakin banyak uang berputar selama kontes berlangsung.

“Kami juga menyediakan pameran bonsai dan bursa bonsai untuk melakukan transaksi,” pungkasnya.

Video terkait:

Video Terkait