Gymnema Sylvestre, Tanaman Herbal yang Efektif Pangkas Kadar Gula Darah hingga 29 Persen

Gymnema sylvestre. (Foto Lalithamba/Wikipedia)

Editor: M Kautsar - Jumat, 14 Januari 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Diabetes adalah penyakit yang menyerang banyak orang di seluruh dunia. Berbagai terobosan medis pun terus diupayakan untuk pengobatan penyakit ini. Kabar baiknya, beberapa tanaman herbal diyakini cukup ampuh menangkal dan melawan peningkatan gula darah.

Sering muncul tanpa tanda-tanda, bahaya utama dari diabetes terletak pada deregulasi gula darah yang juga merusak tubuh. Karena terkait erat dengan obesitas, menjaga berat badan yang sehat dianggap sebagai tindakan pencegahan yang paling efektif.

Melansir Express.co.uk, diabetes terjadi ketika tubuh menjadi peka terhadap insulin, atau produksi hormon berhenti. Dalam kasus lain, karakteristik menyeluruh dari kondisi ini adalah kadar gula darah yang tinggi. Perawatan yang umum digunakan untuk diabetes umumnya dapat dibagi menjadi tiga kategori - inhibitor penyerapan karbohidrat, sensitiser insulin dan agen hipoglikemik.

Tujuan utama pengobatan diabetes adalah untuk menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang aman. Dan beberapa bahan alami mampu memberikan efek ini. Satu diantaranya adalah Gymnema Sylvestre. Tanaman ini adalah sensitiser insulin yang telah dipelajari pada pasien diabetes.

Gymnema Sylvestre adalah tanaman semak yang berasal dari India, dan telah digunakan dalam praktik pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Obat ini secara tradisional digunakan untuk mengobati malaria dan gigitan ular, tetapi baru-baru ini dikenal karena kualitas anti-diabetesnya.

Studi menunjukkan Gymnema menurunkan jumlah gula yang diserap ke dalam usus, yang membantu meningkatkan kadar glukosa darah.

Satu studi yang mendukung klaim ini mempelajari efek ekstrak Gymnema pada sampel 22 pasien, menghasilkan hasil positif. Penulis penelitian menulis: “Lima dari 22 pasien diabetes mampu menghentikan obat konvensional mereka dan mempertahankan homeostasis glukosa darah mereka dengan GS4 saja.”

Temuan mengungkapkan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 400 mg ekstrak daun Gymnema setiap hari selama 18 hingga 20 bulan, mengalami penurunan gula darah sebesar 29 persen.

Terlebih lagi, kadar A1C - hemoglobin yang secara kimiawi terkait dengan gula - menurun dari 11,9 persen pada awal penelitian, menjadi 8,48 persen. Penjelasan potensial untuk efek ini sangat luas. Tapi penelitian menunjukkan tanaman ini mengandung senyawa yang disebut asam gymnemic, yang menekan reseptor manis di lidah. Ini dianggap berguna dalam pengobatan diabetes karena menghambat keinginan mengngkonsumi gula.

Baca Juga: Gymnema Sylvestre, Tanaman Herbal yang Efektif Pangkas Kadar Gula Darah hingga 29 Persen
Korea Utara Perintahkan Rakyatnya Kumpulkan Herba untuk Pengobatan Tradisional



Verywell Health mencatat, “Gymnema Sylvestre dikatakan menurunkan keinginan mengkonsumsi gula sekaligus mengurangi tingkat penyerapan gula dan lemak ke dalam tubuh. Tindakan dua kali lipat ini dapat membantu mengobati obesitas, diabetes, dan kolesterol tinggi."

Sifat tanaman yang mengubah rasa telah dikaitkan dengan senyawa aktif semak, asam gymnemic, yang mampu menekan rasa manis tanpa mempengaruhi persepsi rasa lainnya. Efek ini muncul dalam waktu 30 detik, dan bertahan hingga setengah jam.

Video terkini:

Video Terkait