Catat! Ini 3 Cara Mudah Cegah Pisang Cepat Busuk

Ilustrasi - Pisang Cavendish.(wikimedia.org)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Minggu, 16 Januari 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Pisang merupakan salah satu buah yang digemari sebagian besar masyarakat Tanah Air. Dengan harganya yang terjangkau, pisang mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Pisang menjadi buah yang selalu jadi pilihan untuk dikonsumsi setiap hari. Oleh karenanya, Sobat Agri harus tahu bagaimana cara menyimpan pisang agar tahan lama.

3 cara mudah cegah pisang cepat busuk, dikutip dari masterclass.

1. Taruh dalam Wadah Bungkus Plastik

Jik kamu tidak mengonsumsi pisang dalam waktu dekat, pisang tidak akan dimakan dalam waktu dekat, sebaiknya jangan lepaskan plastik yang melilit pisang. Pasalnya, Plastik yang melilit pisang dapat mencegah gas etilen terlepas dari buah, sehingga mencegah pisang menjadi cepat matang dan busuk.

2. Asam Sitrat untuk Pengawet

Ketika pisang yang kamu beli sudah terlanjur terkupas, kamu bisa mencegahnya dengan menambahkan asam sitrat. Ini bisa didapatkan dari perasan jeruk nipis, jus nanas, dan jus jeruk.

Baca Juga: Catat! Ini 3 Cara Mudah Cegah Pisang Cepat Busuk
Mengenal Mbah Lasiyo 'Profesor Pisang' yang Jadi Buruan Peneliti Dunia

Asam sitrat berguna untuk mengawetkan pisang, sehingga pisang tidak cepat matang. Caranya cukup mudah, kamu campurkan asam sitrat dan air dengan takaran perbandingan dua banding satu, kemudian semprotkan di atas buah pisang. Kemudian simpan pisang di dalam wadah tertutup sampai pisang dikonsumsi kembali.

3. Hindari Sinar Matahari Langsung

Suhu pisang akan naik ketika terkena paparan sinar matahari langsung. Hal ini menyebabkan pisang lebih cepat matang. Oleh karenanya, ada baiknya kamu menyimpah buah satu ini di tempat yang sejuk.

Video Terkait