Mengandung Tinggi Serat, Ini 5 Buah yang Cocok Dikonsumsi untuk Lancarkan BAB

Ilustrasi apel (Foto:Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Minggu, 16 Januari 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Salah satu penyebab seseorang susah BAB (Buang Air Besar) adalah pola makan kurang serat dan minim cairan. Oleh karenanya, disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung serat sehingga dapat melancarkan BAB.

Perlu diketahui, setiap orang dianjurkan makan setidaknya 25 gram sampai 38 gram serat per hari untuk mencegah terjadinya sembelit pada perut. Nah, supaya BAB tetap lancar ada sejumlah buah dan makanan yang sebaiknya kamu makan setiap hari.

Berikut 5 Buah yang ampuh lancarkan BAB, seperti dikutip dari Eatwell.

1. Buah Naga

Buah naga merupakan salah satu buah yang memiliki tinggi serat. Satu buah naga seberat enam ons dapat menambah asupan serat sebanyak lima gram. Jumlah tersebut dapat mencukupi sekitar 18 persen kebutuhan serat per hari.

2. Apel

Buah apel memiliki kandungan serat pektik yang dapat membantu melancarkan sembelit. Satu buah apel berukuran sedang mengandung sekitar empat gram serat. Jumlah serat yang terkandung tersebut dapat mencukupi sekitar 14 persen kebutuhan serat per hari.

3. Buah Pir

Adanya serat tidak larut sekaligus serat larut pada buah pir sangat baik bagi usus. Tak hanya itu, pir juga termasuk obat pencahar alami karena mengandung fruktosa sorbitol.

Senyawa tersebut dapat melunakkan kotoran BAB, sehingga kotoran yang keluar lebih gampang keluar dari saluran pencernaan.

Baca Juga: Mengandung Tinggi Serat, Ini 5 Buah yang Cocok Dikonsumsi untuk Lancarkan BAB
Awas! Terlalu Banyak Makan Blueberry Bisa Menyebabkan Hal Ini

4. Kiwi

Kiwi juga temrasuk salah satu buah yang mengandung banyak serat. Satu buah kiwi berukuran sedang dapat mencukupi 8 persen kebutuhan serat per hari. Penelitian menjelaskan bahwa makan dua buah kiwi per hari dapat melancarkan BAB.

5. Buah Jeruk

Sama seperti apel, berbagai macam buah jeruk mengandung serat larut jenis pektin. Serat ini dapat membantu meringankan sembelit. Selain itu, kandungan antioksidan flavonoid dalam buah ini juga bermanfaat sebagai obat pencahar alami.

Video Terkait